Tips Makan Sehat Selama Ramadan untuk Jaga Tubuh Anda

Tips Makan Sehat Selama Ramadan untuk Jaga Tubuh Anda (Freepik)

JAKARTA - Bulan Ramadan tiba itu artinya umat muslim di berbagai belahan dunia ikut menunaikan ibadah puasa. Mengingat puasa menuntut kekuatan tubuh untuk tetap bisa bertahan tanpa makan dan minum mulai dari imsak hingga waktu buka puasa, Anda perlu memiliki menu makan yang tepat agar tetap fit dan sehat.

Oleh karena itu, simak beberapa tips berikut ini agar Anda bisa tetap makan dengan sehat selama Ramadan.

Tips Makan Sehat Saat Ramadan

1. Rencanakan Makanan Seimbang

Pastikan untuk menyertakan berbagai makanan kaya nutrisi dalam menu makan Anda, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Jenis-jenis makanan ini mampu memberikan nutrisi dan energi penting untuk membuat Anda merasa kenyang dan puas sepanjang hari.

2. Makan dengan Mindful atau Penuh Perhatian

Luangkan waktu Anda untuk mengunyah makanan secara perlahan dan nikmati setiap gigitan. Perhatikan sinyal lapar dan kenyang pada tubuh Anda, dan berhentilah makan saat Anda merasa kenyang. 

Hindari gangguan saat makan, seperti menonton TV, menonton video atau menggunakan ponsel, agar tetap fokus pada makanan.

3. Tetap Terhidrasi

Minumlah banyak air dan cairan penghidrasi lainnya, seperti teh herbal atau infused water antara buka puasa (buka puasa) dan sahur (makan sahur). Hidrasi sangat penting selama Ramadhan, terutama saat berpuasa, untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

4. Tetap Aktif Secara Fisik

Gabungkan aktivitas fisik ringan ke dalam rutinitas harian Anda, seperti berjalan kaki, peregangan, atau yoga lembut. Kegiatan-kegiatan ini membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan kesejahteraan, dan menjaga tubuh Anda tetap aktif selama Ramadan. 

Akan tetapi, Anda perlu menghindari olahraga berat pada jam puasa untuk mencegah kelelahan dan dehidrasi.

5. Carilah Nasihat Profesional

Jika Anda memiliki masalah diet atau kondisi medis tertentu, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau ahli diet terdaftar untuk mendapatkan panduan dan dukungan nutrisi yang dipersonalisasi. 

Mereka dapat membantu Anda membuat rencana makan sehat yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda dan memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama Ramadan.

Itu tadi beberapa tips untuk menjaga makanan Anda tetap sehat selama puasa Ramadan.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories