5 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Memindai QR Code Palsu

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Memindai QR Code Palsu (Freepik.com)

JAKARTA - QR code saat ini memang telah menjadi bagian dari operasi bisnis, bahkan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan semakin populernya QR code, penipu mulai memanipulasinya untuk menipu orang yang menyebabkan peningkatan penipuan QR code.

Hal ini karena seringkali kita tidak tahu tujuan QR code tersebut dan sebagian besar QR code memiliki tampilan yang sama. Kondisi tersebut yang akan membuat Anda jadi lebih rentan.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Memindai QR Code yang Dimodifikasi atau QR Code Palsu?

Apa yang Harus Dilakukan Saat Memindai QR Code yang Dimodifikasi atau QR Code Palsu?

Mengingat tampilan QR code yang mirip dan penipu semakin cerdas memanipulasinya, hal itu membuat Anda jadi lebih rentan.

Jika Anda menduga telah memindai QR code yang palsu, Anda harus melakukan beberapa hal berikut untuk meminimalisir risiko kerugian finansial atau membahayakan privasi Anda.

Matikan Internet di Perangkat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memutus sambungan internet dari perangkat. Seringkali penipu menggunakan QR code yang dimanipulasi untuk meretas perangkat korban.

Jika kode yang Anda pindai memberikan hasil yang sama, penipu mungkin telah memperoleh akses ke perangkat sehingga membahayakan informasi pribadi Anda.

Dengan memutus perangkat dari internet pada waktu yang tepat, Anda dapat memutus akses penipu ke perangkat Anda.

Ubah Password

Jika Anda curiga penipu sudah lama mengakses perangkat Anda, Anda harus segera mengubah semua password yang tersimpan di browser, pengelola password, aplikasi, dan sebagainya.

Dengan melakukan cara tersebut, meski penipu telah mengekspor password penting Anda seperti rekening bank atau profil media sosial, mereka tetap tidak akan dapat mengakses akun Anda.

Meminimalisir Risiko Kerugian Finansial

Segera blokir kartu kredit jika Anda masih menyimpan detailnya di browser perangkat. Jika scan QR code menimbulkan transaksi otomatis yang mencurigakan maka segeralah hubungi perusahaan kartu kredit atau bank untuk meminta pengembalian dana.

Pindai Perangkat dari Virus

Selanjutnya segera pindai perangkat dengan program antivirus yang andal. Jika perangkat terinfeksi virus, memeriksanya dengan program antivirus kemungkinan besar akan dapat menghapusnya.

Jika usai memindai QR code palsu, kode QR tersebut mengunduh sesuatu ke komputer Anda, maka segeralah menghapusnya. Jika script dijalankan di dalam suatu aplikasi, hapus instalan aplikasi tersebut dan instal ulang.

Periksa Browser Jika Ada Perubahan Mencurigakan

Penipu dapat berupaya membajak browser target mereka sehingga mereka dapat memata-matai aktivitas Anda di kemudian hari. Jadi, Anda harus mencari adanya tanda-tanda pembajakan browser.

Jika browser Anda tampaknya telah disusupi, maka Anda harus bertindak cepat untuk menyingkirkan pembajak tersebut dan membersihkan browser secara menyeluruh.

Itu tadi beberapa hal yang harus Anda lakukan saat tidak sengaja memindai atau scan QR code palsu yang telah dimodifikasi. Tetaplah waspada!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories