Ketahui Ciri-ciri Buah Kurma yang Buruk, Waspada Sebelum Beli!

Ketahui Ciri-ciri Buah Kurma yang Buruk, Waspada Sebelum Beli! (Freepik.com/azerbaijan_stockers)

JAKARTA - Kurma adalah buah yang enak dan bergizi, serta kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Mineral penting yang terkandung di dalam kurma yaitu zat besi, kalsium, fosfor, natrium, kalium, seng, serat, dan magnesium.

Tidak mengherankan jika buah kurma sering dikonsumsi masyarakat saat bulan puasa di Ramadan karena kaya akan manfaat. Pada umumnya kurma dikonsumsi saat buka puasa serta sahur.

Namun, bagaimana cara kita mengetahui kurma yang masih baik untuk dikonsumsi saat Ramadan ini? Simak penjelasan berikut ini.

Ciri-ciri Buah Kurma yang Buruk

Saat ingin membeli kurma sebaiknya perhatikan beberapa tips untuk mengenali kurma yang baik dan segar dari kurma yang rusak. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui ciri-ciri kurma dengan kualitas yang buruk.

Seperti yang dilansir dari laman Sun Export, pembusukan kurma dapat disebabkan oleh adanya bakteri, kapang, khamir, dan hama penyimpanan. Bau busuknya tentu menyengat yang merupakan suatu tanda telah terjadi fermentasi pada kurma.

Terkadang, pada kurma curah, kondisi penyimpanan tidak sesuai sehingga noda jamur mudah terlihat.

Selain itu, jika Anda menjumpai adanya serangga atau cacing pada kurma, hal itu juga menjadi pertanda bahwa kurma sudah rusak.

Kurma yang ditanam secara organik lebih mungkin menarik serangga atau cacing. Oleh karena itu, sebelum Anda mengonsumsi kurma, Anda harus memeriksanya dengan cermat.

Jika Anda menemukan ada beberapa masalah seperti yang dijelaskan di atas, sebaiknya segera buang. Namun, hal itu tidak berarti Anda harus membuang semua kurma tersebut. Anda tinggal memilih kurma yang sudah buruk dan tidak bisa Anda makan lagi.

Cara Menyimpan Kurma

Menyimpan kurma memang mudah, tapi cara penyimpanan kurma bergantung pada berapa lama Anda ingin menyimpannya.

Jika Anda ingin mempertahankan kelembapan kurma agar tetap memiliki rasa terbaik, maka cara penyimpanan yang tepat harus Anda ketahui. Pada umumnya, kurma kering memiliki umur simpan yang lebih lama daripada kurma segar dan lebih mudah disimpan.

Jika Anda ingin menyimpan kurma dalam waktu singkat, simpanlah dalam wadah kedap udara di pantry atau lemari dapur.

Wadah kedap udara akan menjauhkan kelembapan dari kurma karena kelembapan dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan menarik hewan yang tidak diinginkan seperti cacing.

Jika Anda ingin menyimpan kurma kering dalam waktu lama, Anda bisa menyimpannya di dapur pada suhu kamar hingga 6 bulan, lemari es selama 6-12 bulan, dan freezer hingga 3 tahun.

Itu tadi beberapa cara mengetahui kurma yang baik dan buruk untuk dikonsumsi saat Ramadan ini.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories