Publik “Menyemut” Antar Peristirahatan Cokorda Pemecutan XI

Prosesi Pelebon IDa Cokorda Pemecutan XI (Balinesia/pnd)

Denpasar, Balinesia.id - Puncak Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI, Puri Pemecutan Denpasar, Jumat, 21 Januari 2022 menyedot perhatian publik. Bade tumpang solas (tingkat 11) yang anggun nan megah menjulang menjadi daya tarik utama dalam upacara penghormatan terakhir untuk Raja Pemecutan itu.

Pantauan Balinesia.id, masyarakat Denpasar dan sekitarnya tampak menyemut sejak pagi di kawasan Puri Pemecutan hingga Setra Badung. Untuk mensukseskan upacara tersebut, khususnya dalam proses pengarakan bade, sejumlah jalan protokol di kawasan Puri Pemecutan hingga Setra Badung telah ditutup sejak sehari sebelumnya.

Baca Juga:

Menjelang siang hari, sekira pukul 12.05 WITA, setelah melalui serangkaian upacara, jenazah (layon) Ida Cokorda Pemecutan XI dinaikkan ke bade setinggi belasan meter itu. Bade pun diarak oleh masyarakat menuju tempat perabuan di Setra Agung Badung.

Selain bade, pada upacara tersebut juga terdapat patulangan lembu berwana putih yang menjadi tempat membakar jenazah, ogoh-ogoh berbentuk cupak, serta diiringi penari dan penabuh baleganjur yang memberi semangat bagi mereka yang mengusung bade.

Baca Juga:

Adapun proses upacara penghormatan terakhir dari Ida Cokorda Pemecutan XI dipimpin oleh sejumlah sulinggih, yakni Ida Pedanda Gede Karang dari Griya Tampakgangsul dan Ida Pedanda Gede Arimbawa dari Griya Sari Tegal dalam menaikkan jenazah ke bade, serta Ida Pedanda Gede Telaga dari Grita Telaga, Tegal, dan Ida Pedanda Oka Keniten dari Griya Beraban yang memimpin pelaksanaan upacara di Setra Agung Badung. pnd

Editor: E. Ariana

Related Stories