Cok Ace: Bangun Solidaritas dan Kesetaraan Kemampuan Lembaga Adat

Cok Ace (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau yang akrab dipanggil Cok Ace berharap terbangunnya solidaritas dan kesetaraan kemampuan lembaga adat di seluruh desa adat di Bali. Lembaga-lembaga adat harus bisa mendorong prakarsa, gerakan, dan partisipasi dari setiap lembaga adat.

Hal tersebut dinyatakan Cok Ace saat Pengukuhan Prajuru (Pengurus) Paiketan Krama Istri dan Pasikian Pacalang MDA Kabupaten/Kota dan Kecamatan se-Bali di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali, Denpasar, Rabu, 19 Januari 2022.

“Majelis Desa Adat di masing-masing wewidangan (daerah) agar membangun soliditas dan kesetaraan kemampuan lembaga adat di seluruh Bali, serta mendorong prakarsa, gerakan, dan partisipasi Paiketan Krama Istri dan Pasikian Pacalang MDA Kabupaten/Kota dan Kecamatan termasuk Pasikian Yowana Bali MDA Kabupaten/Kota dan Kecamatan se-Bali, sehingga dapat mengimplementasikan pembangunan serta penguatan tugas dan fungsi desa adat di Bali,” katanya. 

Baca Juga:

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Wakapolda Bali Brigjen. Pol.Drs. I Ketut Suardana itu Cok Ace turut meminta setiap lembaga adat dapat membangun kerjasama dengan pemangku kepentingan di masing-masing tingkatan sesuai dengan asas sagilik-saguluk, salunglung sabayantaka (kebersamaan dan kegotongroyongan). 

“Embanlah tugas dengan baik dalam membina Paiketan dan Pasikian Lembaga Adat Desa Adat di wewidangan masing-masing dan jadilah teladan yang baik bagi semua krama di Bali. Berperan aktiflah dalam  mendukung dan mengimplementasikan Perda Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali dan seluruh kebijakan-kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dalam menjaga alam, krama, dan kebudayaannya,” katanya. 

Baca Juga:

Hal senada dinyatakan Bandesa Agung Majelis Desa Adat Provinsi Bali, Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet. Pihaknya meminta agar seluruh lembaga adat yang berada di bawah naungan Majelis Desa Adat Provinsi Bali agar menyatukan langkah, pikiran, serta tindakan dalam rangka mengajegkan Bali sesuai dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories