Bentuk Karakter Anak melalui Dongeng

Putri Suastini Koster (Istimewa)

Singaraja, Balinesia.id - Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster menilai pentingnya pembentukan karakter anak melalui dongeng. Nilai-nilai budi pekerti harus ditanam pada anak sejak dini dengan cara yang kreatif, inovatif, dan komunikatif.

Hal tersebut dinyatakan Putri Koster ketika menjadi narasumber dalam dialog interaktif di LPP RRI Singaraja, Selasa, 18 Januari 2022. "Beberapa waktu yang lalu kami mengundang Kak Seto yang merupakan psikolog terbaik Indonesia untuk berdialog dan  memberikan ilmu terkait pentingnya mendongeng. Oleh karena itu, Saya mengajak seluruh PKK yang ada di kabupaten sampai ke tingkat desa untuk menggalakan kembali kegiatan mendongeng, menanamkan sikap budi pekerti terhadap anak usia dini," katanya.

Baca Juga:

Ia menjelaskan, pada zaman teknologi yang serba canggih seperti saat ini, peluang orang tua memberikan anaknya gawai sangat memungkinkan.  Penggunaan gawai itu hendaknya dibatasi agar anak tidak kecanduan, salah satunya dengan cara memperkenalkan dongeng dan beberapa aktivitas lain yang menarik.

"Orang tua wajib memiliki keterampilan mendongeng karena dengan mendongeng akan memberikan berbagai dampak positif pada perkembangan anak, salah satunya sebagai stimulasi yang efektif untuk merangsang keterampilan bicara anak, membantu anak untuk memahami nilai-nilai sosial dan sopan santun yang mungkin sulit mereka pahami dalam kehidupan," kata dia.

Baca Juga:

Lebih jauh dinyatakan bahwa dunia anak adalah dunia bermain, semua anak di seluruh dunia senang mendengarkan dongeng. "Dongeng ini juga bagian dari pembelajaran yang dapat merangsang kreativitas, kecerdasan sosial, emosional, serta komunikasi anak," ucapnya. jpd

Editor: E. Ariana
Bagikan

Related Stories