Per September 2021, Penduduk Miskin di Bali 4,72 Persen

Hanif Yahya merilis data penduduk miskin Provinsi Bali hitungan per September 2021. (Balinesia/pnd)

Denpasar, Balinesia.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penduduk miskin di Provinsi Bali per September 2021  sebanyak 211,46 ribu orang atau 4,72 persen dari total populasi penduduk. Angka ini merupakan tertinggi kedua setelah September 2015 yang mencapai 218,79 ribu orang.

Kepala BPS Bali, Hanif Yahya mengatakan, secara nasional persentase kemiskinan Bali menduduki peringkat keempat setelah DKI Jakarta, Bangka Belitung, dan Kalimantan Selatan sebagai provinsi persentase kemiskinan terendah.

“Meskipun Bali sebelumnya menduduki peringkat pertama, itu sekarang bergerak ke nomor empat secara nasional (sebagai provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah),” kata Yahya dikutip dari siaran pers Senin, 17 Januari 2022.

Baca Juga:

Menurutnya faktor yang memengaruhi tingkat capaian tersebut adalah pengurangan jam kerja dan juga pertumbuhan ekonomi yang masih negatif. “Ada 67,97 ribu pekerja mengalami pengurangan jam kerja, tentunya memengaruhi pengurangan upah. Sehingga pemenuhan kebutuhan masyarakat menjadi tidak optimal dan berdampak pada tingkat kemiskinan, faktor lain yaitu pertumbuhan ekonomi yang terkontraksi -2,91 persen ini juga menjadi suatu pemicu angka kemiskinan Bali menjadi meningkat," katanya.

Baca Juga:

Ia mengemukakan, disparitas kemiskinan antara desa dan kota juga masih cukup tinggi. Persentase penduduk miskin di perkotaan pada September 2021 tercatat sebesar 4,33 persen, meningkat 0,21 persen poin dari Maret 2021. pnd

Editor: E. Ariana
Tags BPS BaliBagikan

Related Stories