Upacara Tarpana Saji Digelar H-2 Pelebon Cokorda Pemecutan XI

Bade tumpang 11 yang akan menjadi wahana perjalanan jenazah Ida Cokorda Pemecutan XI. (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id - Dua hari menjelang upacara Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI, Rabu, 19 Januari 2022, pihak puri menggelar upacara Tarpana Saji. Upacara yang digelar di Puri Pemecutan, Denpasar digelar sebagai simbolis memberikan makanan kepada mendiang.

"Upacara Saji Tarpana merupakan suatu penghormatan kepada beliau, kami memberikan semacam sesajian berupa boga (makanan, red), dan juga sebagai sujud bakti kami kepada leluhur," kata Penanggung Jawab upacara yang juga Bendesa Adat Denpasar, Anak Agung Ngurah Rai Sudarma.

Baca Juga:

Setelah rangkaian ini, upacara akan dilanjutkan dengan pelaksanaan upacara pengembang yang diisi dengan seni pertunjukan wayang kulit. 
“Pada Kamis akan digelar seni pertunjukan wayang kulit, sebagai simbolis adanya Bima Suarga, dimana diartikan sebagai seorang kstria mencari air Tirta Kamandalu di lautan," katanya.

Sementara itu, pada Jumat 21 Januari 2022 upacara utama akan digelar. Upacara akan didahului dengan Puja Pralina pada pukul 03.00 dini kemudian dilanjutkan Ngutang Pering, Marisudha Bumi, dan Malaspas Pebasmian. "Setelah itu menunggu jam baik biasanya jam 12.05 siang akan menuju ke ulu setra,” katanya.

Sementara, dua hari menjelang puncak upacara, bade yang akan menjadi kendaraan terakhir jenazah Ida Cokorda Pemecutan  terpantau masih dikerjakan. Beberapa bagian bade tumpang 11 tampak masih dilengkapi.

Baca Juga:

Sebagai infromasi pengerjaan bade tumpang 11 tersebut dikerjakan pada areal jalan Thamrin menuju jalan Gajah Mada Kota Denpasar dimana arus lalu lintas jalan tersebut dialihkan ke jalan alternatif lain.

“Kami mendoakan, agar perjalanan beliau bisa dengan damai menyatu kepada Sang Hyang Pencipta, serta dimaafkan dari segala dosa yang selama hidup beliau tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan," kata Rai Sudarma. pnd/jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories