Penerbangan Makin Ramai, AP1 Layani 51 Reaktivasi dan Pembukaan Rute Baru

Dari 51 rute tersebut adalah 22 reaktivasi rute internasional, 8 reaktivasi rute domestik, dan 21 pembukaan rute baru domestik termasuk di Bandara Ngurah Rai (Balinesia)

Badung, Balinesia.id – Penerbangan di bandara-bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I semakin ramai ditandai dengan 51 reaktivasi rute dan pembukaan rute penerbangan baru pada periode Oktober-November tahun 2022.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengungkapkan, selama Oktober, tercatat 12 reaktivasi rute internasional, 8 reaktivasi rute domestik, dan 14 pembukaan rute baru domestik.

Dari 51 rute tersebut adalah 22 reaktivasi rute internasional, 8 reaktivasi rute domestik, dan 21 pembukaan rute baru domestik.

Untuk November, terdapat sebanyak 10 reaktivasi rute internasional dan 7 pembukaan rute baru domestik," tutur Faik Fahmi dalam keterangan tertulis.

Raihan positif di tahun 2022 selama periode Oktober-November, kembali dicatat AP I dengan pertumbuhan rute penerbangan yang dilayani di bandara yang dikelola Angkasa Pura I, baik itu rute internasional maupun domestik.

Mendekati periode libur Nataru di akhir tahun 2022 ini, tren pertumbuhan rute penerbangan ini tentunya merupakan salah satu indikator akan adanya pertumbuhan penumpang di periode akhir tahun ini," ujar Direktur Utam a PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Selama periode Oktober-November 2022, bandara-bandara Angkasa Pura I yang melayani reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 13 rute internasional dan 5 rute domestik, Bandara Internasional Yogyakarta dengan 3 rute internasional dan 8 rute domestik.

Bandara Juanda Surabaya dengan 4 rute internasional dan 3 rute domestik, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 1 rute internasional dan 1 rute domestik.

Bandara Internasional Lombok dengan 1 rute internasional dan 1 rute domestik, Bandara El Tari Kupang dengan 6 rute domestik, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 4 rute domestik, serta Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan 1 rute domestik.

Ditambahkan Faik Fahmi, pada periode ini, terdapat 14 maskapai reaktivasi rute internasional, serta 6 maskapai penerbangan yang melakukan reaktivasi dan membuka rute baru domestik.

Sedangkan rute internasional, pada periode Oktober-November hanya terdapat maskapai yang melakukan reaktivasi rute.

Rinciannya, Indonesia AirAsia dengan 5 reaktivasi rute, Scoot dengan 3 reaktivasi rute, Malaysia Airlines dengan 2 reaktivasi rute, Singapore Airlines dengan 2 reaktivasi rute, serta Korean Air, EVA Air, AirAsia Malaysia, Batik Air, Batik Air Malaysia, Garuda Indonesia, Citilink, Jetstar Asia, AirAsia Xtra, dan Cathay Pacific masing-masing dengan 1 reaktivasi rute.  ***
 


Related Stories