Sajikan Wisata Alam Terbaik, Kebun Raya Purwodadi Raih Penghargaan East Java Tourism Award (EJTA) 2022

Taman Mexico - Kebun Raya Purwodadi (IST)

Pasuruan – Kebun Raya Purwodadi, salah satu kebun raya yang dikelola oleh PT Mitra Natura Raya (MNR), berhasil memenangi ketegori Daya tarik Wisaya Alam Terbaik di ajang East Java Tourism Award (EJTA) 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa kepada General Manager Kebun Raya Purwodadi Galendra Jaya mewakili PT MNR di Singhasari Hotel & Resort Batu, Sabtu (10/12).

Perlu diketahui, East Java Tourism Award yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur ini merupakan ajang penghargaan pariwisata tertinggi di Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah mengatakan, East Java Tourism Award 2022 digelar dengan tujuan untuk memberikan dukungan dan apresiasi kepada insan pariwisata di Jawa Timur atas peran dan dedikasinya mengembangkan industri pariwisata.

Berbagai inisiatif, inovasi dan peningkatan pelayanan yang telah dilakukan oleh insan pariwisata kepada wisatawan telah menjadikan sektor pariwisata sebagai kontributor utama perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.

“Pemerintah Jawa Timur senantiasa berusaha mendorong pemerintah Kabupaten/Kota, dalam pemulihan pariwisata melalui pengembangan pariwisata berbasis berkelanjutan. Oleh karena itu harus ada pengelolaan daya tarik wisata maupun industri pariwisata secara maksimal. Untuk meningkatkan daya saing global, diharapkan para pelaku pariwisata dengan memanfaatkan teknologi informasi,” kata Khofifah.

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno melalui video konferensi sangat mengapresiasi gelaran East Java Tourism Award 2022.

“Anugerah pariwisata ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya saing wisata Jawa Timur dan meningkatkan citra yang dapat mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke Jawa Timur,” kata Sandiaga Uno.

General Manager Kebun Raya Purwodadi Galendra Jaya mengatakan, penghargaan East Java Tourism Award 2022 ini menjadi salah satu bukti bahwa Kebun Raya Purwodadi merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Timur.

Sebagai kawasan wisata alam, Kebun Raya Purwodadi juga menjadi referensi para pelajar, mahasiswa dan ilmuwan untuk mempelajari berbagai aspek ilmu pengetahuan tentang berbagai tumbuh-tumbuhan di area kebun raya.  

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat, pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Daerah Pasuruan, BRIN dan seluruh stakeholders Kebun Raya Purwodadi atas penghargaan ini. Semoga prestasi ini membuat Kebun Raya Purwodadi semakin dikenal dan menjadi tujuan wisata dan referensi ilmu pengetahuan di Jawa Timur serta Indonesia,” kata Galendra Jaya, General Manager Kebun Raya Purwodadi melalui keterangan resmi.

Dalam upaya mengoptimalkan fungsi edukasi Kebun Raya Purwodadi, PT MNR telah melakukan berbagai inovasi dan peningkatan layanan publik. Misalnya penjualan tiket secara online dan peningkatan kualitas fasilitas umum seperti tempat ibadah dan toilet.

Pengelola juga mengembangkan berbagai program edukasi tumbuhan hayati yang selama ini menjadi aset utama di Kebun Raya Purwodadi.

“Sebagai pengelola empat kebun raya di Indonesia, PT MNR berkomitmen untuk mendukung penuh terwujudnya lima fungsi kebun raya secara optimal. Selain berfungsi sebagai tujuan wisata dan jasa lingkungan, juga menjadi tempat konservasi tumbuhan, penelitian dan pendidikan lingkungan. Kami ingin kebun raya ini bisa menjadi referensi kaum milenial untuk belajar dan mengekplorasi berbagai kekayaan hayati untuk kemajuan ilmu pengetahuan,” tambah Galendra. 
 

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories