Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan Antisipasi Lonjakan Trafik Natal Tahun Baru 2022

Saat Natal, kenaikan traffic layanan internet secara nasional diprediksi mencapai 5 - 8 persen dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafic tertinggi di masa Natal diperkirakan terjadi di region Jabodetabek dengan peningkatan 10 persen. (Istimewa)

Jakarta, Balinesia.id – Mengantisipasi potensi kenaikan traffic layanan internet selama hari raya Natal 2021 dan perayaan Tahun Baru 2022  Smartfren melakukan peningkatan kapasitas jaringan dan optimasi jaringan.

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat, mengungkapkan, peningkatan kapasitas ini dilakukan guna memastikan pelanggan tetap mendapatkan koneksi internet terbaik saat berada dalam perjalanan, maupun ketika berada di rumah masing-masing.

Seiring perubahan pola mobilitas masyarakat, pada saat hari raya Natal dan Tahun Baru 2022 diprediksi akan terjadi kenaikan trafik layanan internet dengan kenaikan tertinggi di wilayah pemukiman.

Saat Natal, kenaikan trafik layanan internet secara nasional diprediksi mencapai 5 - 8 persen dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik tertinggi di masa Natal diperkirakan terjadi di region Jabodetabek dengan peningkatan 10 persen.

Sedangkan saat tahun baru, diperkirakan kenaikan traffic layanan internet secara nasional mencapai 10-15 persen dibandingkan hari biasa.

"Sedangkan pada momen tahun baru ini diperkirakan kenaikan trafik tertinggi terjadi di region Jabodetabek persen dengan peningkatan 15 persen," tutur Agus Rohmat.

Agus Rohmat mengatakan, peningkatan trafik ini didorong oleh perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan secara online, dan hingga sekarang semuanya tetap berlangsung secara online.

Seperti pertemuan secara virtual maupun hiburan film dan musik menggunakan aplikasi streaming video, hingga kegiatan sehari-hari lainnya yang banyak memanfaatkan layanan internet.”

Mengantisipasi potensi kenaikan trafik layanan internet tersebut, Smartfren telah melakukan peningkatan kapasitas jaringan hingga 15 persen secara nasional.

"Sejumlah wilayah diprediksi mengalami peningkatan kebutuhan layanan internet seperti Jabodetabek dan Jawa Tengah juga telah mendapatkan peningkatan kapasitas jaringan hingga 20 persen lebih tinggi dari hari biasa," imbuhnya.

Selain peningkatan jaringan, Smartfren telah menggunakan teknologi termutakhir pada seluruh network, yaitu multiple carrier, milimeter wave, small cell, 4x4 MIMO, Beam Forming, Full Duplex, serta 256 QAM. Semuanya berperan dalam memberikan koneksi internet terbaik yang membuat pelanggan mendapat akses berkecepatan tinggi, stabil, serta mencapai 4G+ pada gadget yang mendukung. (roh) ***

 


Related Stories