XL Axiata Prediksi Lanjakan Trafik hingga 10 Persen saat Natal Tahun Baru

Guna memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik saat libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru 2022 XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas sebesar 2x lipat dari hari normal khususnya di jalur utama mudik. (XL Axiata)

Jakarta, Balinesia.id -  PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkirakan selama periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru akan terjadi peningkatan trafik sekitar 5 - 10% dibandingkan kondisi normal hari biasa di bulan sebelumnya.

Lonjakan trafik itu dengan asumsi sebagian dari masyarakat akan mulai berani melakukan perjalanan untuk berlibur atau setidaknya pulang kampung.

Guna memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik saat libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru 2022  XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas sebesar 2x lipat dari hari normal khususnya di jalur utama mudik.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengungkapkan, pihaknya telah memastikan kesiapan jaringan menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di semua layanan di mana akhir tahun ini diperkirakan akan cukup banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk melakukan perjalanan ke luar kota, terutama ke destinasi wisata di berbagai daerah.

"Diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik penggunaan layanan data dan telekomunikasi pada jaringan XL Axiata," tutur Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa 21 Desember 2021.

Selama periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022 akan terjadi peningkatan trafik sekitar 5 - 10% dibandingkan kondisi normal hari biasa di bulan sebelumnya, dengan asumsi sebagian dari masyarakat akan mulai berani melakukan perjalanan untuk berlibur atau setidaknya pulang kampung.

Banyak pelanggan akan menggunakan layanan-layanan data guna membagi pelangalaman selama perjalanan liburannya. Sementara itu, kami memperkirakan akses ke layanan video streaming akan meningkat seiring dengan meningkatnya trend berbagi dokumentasi video baik secara langsung atau melalui media sosial.

Pada tahun-tahun sebelumnya sebelum mengalami masa Pandemi Covid-19, di sepanjang libur akhir tahun di mana kedua hari besar tersebut berada, trafik layanan, terutama data selalu meningkat secara signifikan.

Dua tahun terakhir, trafik data hanya meningkat sekitar 3% dibandingkan trafik hari normal di bulan sebelumnya, karena adanya larangan/pembatasan mobilitas masyarakat terkait pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

Ditambahkan Gede Darmayusa, untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas sebesar 2x lipat dari hari normal.

Tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, selain juga fokus di area residensial. Kota-kota tersebut terutama yang berada di jalur utama mudik, seperti Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya dan Malang. Selain itu juga Merak, Bandar Lampung, hingga Palembang di jalur Jawa ke Sumatera.

Tim XL Axiata juga sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan kepada pelanggan.

Selain itu, performa jaringan data juga akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa. (roh) *** 


Related Stories