Pamor Turun, Remaja Masih Persepsikan Facebook Medsos untuk Orangtua

Hati-hati! Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Ini Bisa Curi Password Facebook Anda (Pexels.com/Pixabay)

Jakarta, Balinesia.id - Dalam sebuahb riset diketahui pamor Facebook semakin turun diantaranya disebabkan karena kalangan remaja mempersepsikan media sosial tersebut dipergunakan oleh orangtua.

Turunnya pamor Facebook, juga seiring gen z yang meninggalkan aplikasi besutan Mark Zuckerberg tersebut. Kendati pengguna internet di kalangan gen z kian banyak namun . ini tidak berlaku bagi pengguna Facebook.

Remaja dengan usia 13-17 tahun hanya menggunakan Facebook dengan persentase 32% sebagaimana dilansir dari Dilansir dari riset Pew Research Center Study.
 

Kondisi itu, berbanding terbalik dengan survei yang dilakukan di tahun 2014-2015 dimana kala itu pengguna Facebook ada di kisaran 71%

Kekinian, lebih dari 5 media sosial yang secara tidak langsung membuat para gen z selalu melihat smartphone.

"Maka dari itu demi kewarasan dan efektivitas waktu, orang-orang mulai meninggalkan media sosial yang tidak bernilai sama sekali," ujar Jules Terpak salah seorang konten kreator yang memberikan pernyataan bahwa remaja mulai meninggalkan Facebook, dikutip dari TechCrunch pada Sabtu 13 Agustus 2022

Jules Terpak menambahkan bahwa Facebook selalu diasosiasikan media sosial untuk orang tua.

Beberapa waktu yang lalu bocornya dokumen rahasia Facebook oleh Frances Haugen, mengindikasikan pada awal tahun 2021 pengguna Facebook di kalangan remaja turun sebanyak 13%.

"Banyak remaja melihat Facebook adalah media sosial untuk orang di usia 40 dan 50 tahun. Membosankan, sering keliru dan negatif," ujar The Verge dikutip dari dokumen internal Facebook pada tahun 2021.

Kendati demikia, nasib buruk ini tak berlaku bagi perusahaan Meta lainnya yakni Instagram.

Diperkirakan, 62% remaja menggunakan Instagram, naik 52% di tahun 2014-2015. Hingga saat ini di Amerika Serikat, media sosial yang sedang naik daun yaitu TikTok masih menjadi jawaranya dengan meraup 67% pengguna. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Feby Dwi Andrian pada 15 Aug 2022 

Bagikan

Related Stories