Dilantik, Peradah Karangasem "Dapat Tugas" Garap SDM

Pimpinan organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Karangasem berfoto bersama usai pelantikan DPK Peradah Indonesia Karangasem, Minggu, 27 November 2022. (Balinesia.id/ist)

Karangasem, Balinesia.id - Fungsionaris Dewan Pimpinan Kabupaten Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia Karangasem (DPK Peradah Indonesia Karangasem) masa bhakti 2022-2025 dilantik Minggu, 27 November 2022. Pelantikan dilakukan di Gedung TP PKK Karangasem, Amlapura, Karangasem.

Pada pelantikan yang turut dihadiri sejumlah organisasi kemasyarakatan dan pemuda di Karangasem, DPK Peradah Indonesia Karangasem ditekankan untuk dapat menggarap secara lebih serius upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Bumi Lahar.

Dewan Penasihat DPK Peradah Indonesia Karangasem, Ida Made Pidada Manuaba, menilai mengembangkan SDM di Karangasem sebagai isu yang penting. Menurutnya, di era digital, pertarungan bukan soal pihak kuat mengalahkan pihak yang lemah, tapi bagaimana pihak yang cepat dapat mengimbangi pihak yang lambat.

"Pergerakan hari ini dinamis, pemuda harus ambil peran. Jangan sepelekan hal-hal kecil, harus melek politik, jujur, dan dapat berperan meminimalisir hal-hal negatif," kata dia.

Baca Juga:

Staf Ahli Bupati Karangasem, I Putu Arnawa, menambahkan, sebagai organisasi kepemudaan yang telah eksis sejak tahun 1980-an, ia mengingatkan bahwa Peradah Indonesia sejak awal didirikan telah memiliki kiprah yang sangat besar. Oleh karena itulah spirit tersebut diharap dapat terus dilanjutkan di kemudian hari.

"Peradah lahir melalui politik, san terbukti telah menjadi organisasi yang melahirkan tokoh-tokoh nasional. Peradah Karangasem dapat menggarap banyak hal, berkembang sesuai kearifan lokal, dan bagaimana ke depan kemudian dapat memberi sumbangan pemikiran," katanya.

 

Ambil Peran Perangi Stunting

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris DPP Peradah Indonesia Bali, I Ketut Eriadi Ariana, yang hadir mewakili Ketua DPP Peradah Indonesia Bali, secara khusus berharap DPK Peradah Indonesia Karangasem dapat turut berpartisipasi mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Karangasem. Sebab, berdasarkan data SSGI tahun 2021 Kabupaten Karangasem memiliki angka prevalensi stunting tertinggi di Bali, yakni sebesar 22,9 persen.

"Karangasem memiliki angka prevalensi stunting tertinggi di Bali, sehingga akan sangat strategis jika Peradah Karangasem dapat turut bergerak menangani persoalan yang jadi isu nasional ini," katanya.

Baca Juga:

Manurutnya, investasi SDM tidak akan menghasilkan hasil yang instan, tapi justru hal itu menjadi yang mendasar. "Membangun infrastruktur saya kira gampang, setahun dua tahun selesai, tapi membangun SDM perlu jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, kami harap Peradah Karangasem bisa menggarap program yang nyata, terukur, tapi substantif," katanya.

Pada sisi lain, Ketua DPK Peradah Indonesia Karangasem, I Gede Kaya Wisuddha Prathama, memaknai pelantikan pengurus baru tersebut sebagai semangat baru dalam bergerak di masyarakat. Pihaknya pun mengharapkan ke depan akan terbentuk sinergitas antar organisasi masyarakat dan kepemudaan di Karangasem.

"Pada kesempatan ini kami DPK Peradah Indonesia Karangasem siap bersinergi dengan pemerintah, seluruh elemen lembaga keumatan, organisasi yang ada, baik yang bernapaskan Hindu maupun lintas agama. Mari kita saling bergandeng tangan, berkerja sama dalam menunjukkan kontribusi pemuda untuk Karangasem," katanya di hadapan sejumlah pimpinan organisasi kemasyarakat di Karangasem.

Jaya Wisuddha pun mengaku telah memiliki metode pergerakan agar semakin menyentuh masyarakat. Dalam waktu dekat pihaknya mengaku akan membentuk pengurus komisariat di delapan kecamatan di Karangasem.

"Setelah pelantikan ini kami berencana akan membentuk komisariat kecamatan, dan rencana pertengahan tahun depan komisariat sudah terbentuk," tandasnya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories