Wujudkan Pembangunan dan Kesejahteraan, Masyarakat Harus Bersatu Lawan Korupsi

Penutupan Road to Hakordia Wilayah V di Puspem Badung. (Balinesia.id/ist)

Badung, Balinesia.id – Seluruh kalangan di Bali diajak untuk tidak ragu-ragu bersatu melawan korupsi. Laku-laku korupsi dinilai menghambat pembangunan dan upaya mencapai kesejahteraan masyarakat.

Pandangan tersebut dinyatakan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) ketika membacakan sambutan Gubernur Bali, Wayan Koster dalam acara Penutupan Road to Hakordia Wilayah V di Gedung Balai Budaya Giri Natha Mandala Puspem Badung, Jumat, 25 November 2022.

“Seluruh kalangan masyarakat baik kalangan swasta, akademisi, seluruh tokoh adat, tokoh agama, dan para politisi, serta para mahasiswa dan siswa-siswi semuanya serta kepada seluruh anak bangsa, untuk bersatu melawan tindakan korupsi,” kata tokoh Puri Ubud ini.

Baca Juga:

Cok Ace pun menegaskan bahwa tindakan korupsi harus diberantas dari yang paling dasar, yakni pada diri sendiri. “Kita harus berani melawan ketidakjujuran, stop korupsi dari diri kita sendiri, untuk mencapai pembangunan dan kesejahteraan yang kita harapkan di masa mendatang,” kata dia. 

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK, Didik Agung Widjanarko mengucapkan terima kasihnya terhadap dukungan pemerintah daerah di seluruh Bali atas penyelenggaraan Road to Hakordia di Wilayah V yang berlangsung pada tanggal 24-25 November 2022. Ia menyebut kegiatan tersebut telah diikuti lebih dari 3 ribu peserta dari 111 pemerintah daerah di seluruh Indonesia. 

“Road to Hakordia Wilayah V mengingatkan bahwa sinergitas dan kolaborasi seluruh instansi serta peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan korupsi sangat penting, di samping pendidikan karakter antikorupsi uang sangat penting dilakukan sedini mungkin dan sejak usia dini ditanamkan nilai-nilai anti korupsi,” kata Didik.

Pihaknya mengingatkan bahwa tanggung jawab pemberantasan korupsi merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Upaya pemberantasan korupsi harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, baik dalam upaya pencegahan maupun penindakan korupsi. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories