Teknologi Baru Terus Berkembang, Kemnaker Dorong Anggota ASISI Tingkatkan Kompetensi

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 ASISI di Ballroom 100 Hotel Sunset, Seminyak, 26-27 November 2022 (ASISI)

Badung, Balinesia.id – Kementerian Ketenagakerjaan atau Kemnaker terus mendorong anggota Asosiasi Teknisi Refrigerasi dan Air Conditioner Nusantara (ASISI) meningkatkan kompetensi seiring terus berkembangnya teknologi baru.

Harapan itu disampaikan Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor saat Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 ASISI di Ballroom 100 Hotel Sunset, Seminyak, 26-27 November 2022

Afriansyah mendorong ASISI meningkatkan kompetensi anggotanya secara berkala sehingga tetap dibutuhkan oleh Industri Atau perusahaan  AC yang sudah banyak mengembangkan teknologi baru.

Selain itu, mendorong ASISI bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan agar semua anggota ASISI mendapatkan jaminan atau perlindungan sosial.

"BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan kesejahteraan yang lebih baik untuk anggota ASISI,” tutur Afriansyah.

Kemenaker juga akan memberikan rekomendasi kepada produsen AC sehingga lapangan kerja bagi anggota teknisi semakin luas.

Lanjut Afriansyah, tentunya Kemenaker meminta anggota ASISI memenuhi standar produsen AC, seperti sudah bersertifikasi dan terakreditasi.

"Tadi kami berkomunikasi ASISI sanggup memenuhi target tersebut," katanya menegaskan.

Pihaknya juga mengharapkan Munas ASISI ini bisa menghasilkan keputusan-keputusan penting yang berdampak terhadap kesejahteraan anggota.

Sebanyak  500 orang anggota ASISI dari 24 Provinsi berkumpul mengikuti Munas yang dibuka Afriansyah Noor.

Pada Munas ke-2 ini, ASISI menargetkan beberapa pencapaian, diantaranya penguatan ASISI sebagai organisasi, kedua peningkatan kompetensi para teknisi AC yang tergabung dalam ASISI untuk menjawab kebutuhan industri, dan ketiga dalam Munas ke-2 ini ASISI memilih Ketua Umum baru.

Ketua UMUM ASISI, Ali Rahman menjelaskan Dalam Munas kali ini diharapkan terjadi regenerasi kepemimpinan sehingga ASISI sebagai organisasi bisa lebih maju.

Diharapkan konsolidasi organisasi yang kuat, ini merupakan Munas yang tertunda yang seharusnya kami laksanakan tiga tahun lalu, tetapi karena pandemi Munas tersebut harus tertunda.

"Dalam Munas ini kami harapkan ada regenerasi sehingga ASISI lebih maju kedepan,” tandas Ali Rachman.

Diungkapkan, ASISI kedepan akan konsen ke peningkatan kompetensi anggota dan peningkatan kesejahteraan Anggota.

“Kami akan konsentrasi ke peningkatan kompetensi sesuai dengan regulasi pemerintah, nah ini menjadi tantangan bagi teknisi bagaimana membagi waktu antara peningkatan kompetensi dan mencari nafkah,” tutup Ali Rahman.***
 

Editor: Rohmat
Tags ASISI kompetensiBagikan

Related Stories