Tempat Wisata Goa Rajo Jehem Berikan Sensasi Perpaduan Wisata Alam dan Spiritual

Objek Wisata Goa Rajo di Jehem, Tembuku, Bangli (Balinesia.id/oka)

Bangli, Balinesia.id – Libur akhir tahun sudah dekat. Jika Anda mencari tempat berwisata, Kabupaten Bangli menjadi daerah yang dapat dikunjungi. Selain memiliki Batur Global Geopark yang keindahannya telah diakui dunia, sejumlah tempat wisata menarik juga bisa dipilih untuk menghabiskan waktu liburan.

Saalah satu tempat wisata menarik yang dekatnya berada di sekitar Kota Bangli adalah Tempat Wisata Goa Rajo Waterfall. Air terjun ini berada di Desa Jehem, Tembuku, Bangli yang secara resmi telah dikembangkan oleh desa setempat. Tempat wisata ini akan memberi pengalaman wisata berbeda bagi pengunjung, sebab pada satu tempat disajikan sensasi berwisata alam, sejarah, hingga spiritual.

Pada Rabu, 30 November 2022 lalu, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Goa Rajo Desa Jehem menggelar kegiatan Mlaspas Palinggih dan Rsi Gana di tempat wisata tersebut. Upacara tersebut menandai dibukanya tempat tersebut ke publik dengan manajemen yang lebih baik.

"Sebagai tempat yang akan dipergunakan untuk pariwisata upacara keagamaan ini sangat penting untuk dilakukan. Secara niskala kami juga perlu menghormati hubungan kita dengan Tuhan, manusia dan alam lingkungan sebagai perwujudan Tri Hita Karana,” kata Perbekel Desa Jehem, I Nengah Tesan Darmayasa

Baca Juga:

Ia mengatakan Goa Rajo memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi karena terdapat beberapa kegiataan yang dapat dilakukan seperti tracking, berenang, malukat (pembersihan diri secara spiritual, red), dan melihat situs candi tebing. Adapun Candi Tebing Jehem adalah salah satu tinggalan sejarah di Kabupaten Bangli yang polanya mirip dengan Candi Tebing Gunung Kawi.

“Selain melihat keindahan air terjun wisatawan juga dapat menyucikan diri dengan malukat di tempat yang sudah disedikan. Di samping itu jalan menuju ke air terjun akan melintasi situs Candi Tebing Desa Jehem, akan sangat menarik jika berkunjung ke objek wisata Goa Rajo" Kata Darmayasa. 

Selain upacara yang bersifat niskala, komitmen pihaknya untuk menyajikan tempat wisata dengan pelayanan yang baik juga dilakukan melalui penandatangan prasasti, yang dihadari oleh Wakil Bupati, Wayan Diar. Pihaknya pun berharap, ke depan masyarakat dapat berkunjung ke kawasan wisata yang memadukan unsur alam dan spiritual itu.

Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, mengatakan bahwa Objek Wisata Goa Rajo sebenarnya sudah dikembangkan cukup lama. Adapun kegiatan upacara melaspas yang dilakukan adalah bagian upaya pihaknya untuk memohon izin terhadap entitas alam untuk mempergunakan kawasan itu sebagai kawasan wisata. 

Diar mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Bangli tengah gencar mengembangkan desa wisata. Dari hampir 31 SK desa wisata yang sudah diterima pihkanya, 50 persen disebut sudah berkembang. “Pemerintah akan terus hadir di tengah-tengah perkembangan desa wisata itu. Jangan sampai nanti pemerintah daerah hadir setelah desa itu berkembang,” katanya. 

Ia berharap Objek Wisata Goa Rajo akan dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, mengingat tempat tersebut memiliki fasilitas dan potensi yang sangat baik sebagai destinasi wisata. jpd/oka

Editor: E. Ariana

Related Stories