Berkat Alat Antrian Digital, Kini Ngantri di Pustu Dauh Puri Lebih Praktis

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Vokasi Unwar menyerahkan alat antri digital ke Pustu Dauh Puri. (Balinesia.id)

Denpasar, Balinesia.id – Masyarakat yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Pembantu (Pustu) Dauh Puri, Denpasar Barat kini dapat lebih mudah dan praktis. Pasalnya, Pustu yang dinaungi UPTD Puskesmas II Denpasar Barat ini kini telah memiliki alat antrian digital berbasis wireless.

Alat tersebut merupakan salah satu bentuk piranti yang diberikan Sekolah Vokasi Universitas Warmadewa (SV Unwar) dalam program pengabdian kepada masyarakat belum lama. Melalui kehadiran alat digital tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih mudah, dan praktis dalam menerima layanan masyarakat. Terlebih, alat tersebut telah mampu membagi peserta layanan dalam tiga klasifikasi pasien.

“Mesin antrian digital berbasis wireless ini mampu mengakomodir tiga layanan kesehatan yang dilayani Pustu Dauh Puri, di antaranya layanan kesehatan bagi umum, lanjut usia (lansia), serta anak,” kata Ketua Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) SV Unwar, Made Dika Nugraha, S.T., M.T., di kampus setempat, Denpasar, Rabu, 30 November 2022.

Ia mengatakan selain memberikan sebuah alat antri digital, dalam program tersebut pihaknya juga menyosialisasikan penggunaan alat tersebut kepada seluruh staf yang terlibat layanan kesehatan di Pustu Dauh Puri. Pihaknya juga menyerahkan sebuah manual book yang dijadikan sebagai panduan mengoperasikan alat alat tersebut.

Baca Juga:

Sementara itu, Direktur Sekolah Vokasi, Bapak Ir. I Gede Pariutama Westra, mengatakan bahwa Program PKM yang digelar pihaknya merupakan salah satu bentuk pengabdian pihaknya untuk mendukung pemberian layanan kesehatan secara maksimal bagi masyarakat.

Westra berharap layanan tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat, khususnya warga yang terdaftar dalam naungan Pustu Dauh Puri, serta memberikan kemudahan bagi pegawai di Pustu Dauh Puri dalam menjalankan pelayanan kesehatan.

“Ke depan kami harap dapat dilaksanakan kerja sama antar-insitusi untuk mengembangkan kebutuhan alat digital tersebut, baik di puskesmas induk maupun cabang puskesmas lainnya, dan bisa memberikan solusi terbaik bagi persolaan masyarakat,” ucap dia.

Di sisi lain, Kepala UPTD Puskesmas II Denpasar Barat, dr. Lanawati, M.Kes. memberikan dukungan terhadap sumbangsih SV Unwar. Pihaknya berterima kasih dan meyakini bahwa alat antrian digital berbasis wireless ini akan membantu dalam proses pelayanan kesehatan bagi para pasien dan memudahkan staf di Pusti Dauh Puri dalam manajemen antrian pasien yang mendaftar. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories