Cegah PMK, Babinsa Kodim 1626/Bangli Ingatkan Peternak Jaga Kebersihan Kandang Sapi

Babinda Kodim 1626/Bangli melakukan pemantauan peternakan sapi warga di Bangli. (Balinesia.id/ist)

Bangli, Balinesia.id – Jajaran Kodim 1626/Bangli turut berpartisipasi dalam upaya mencegah ternak terjangkit Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK). Salah satu upaya preventif yang rutin ditempuh untuk itu adalah mengingatkan peternak agar menjaga kandang hewan ternak.

Pengecekan terhadap kandang sapi tersebut satu di antaranya dilakukan Babinsa Koramil 01/Bangli Kodim 1626/Bangli yang bertugas di Kecamatan Bangli. Babinsa yang bertugas tampak terjun langsung dan mengimbau peternak untuk menjaga sanitasi kandang atau pembersihan kandang dengan cara penyemprotan disinfektan atau deterjen.

Dandim 1626/Bangli, Letkol Arh Sutrisno, S.Sos., mengatakan pengecekan dan pemeriksaan yang dilakukan Babinsa jajarannya tidak lain adalah untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai langkah pengawasan PMK jika ada yang menyerang hewan ternak sapi.

Baca Juga:

"Kami mengerahkan para Babinsa di wilayah untuk turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada. Tujuannya untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK. Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati masalah pada hewan ternaknya,” kata Dandim, Senin, 28 November 2022.

Perwira TNI dengan dua melati di Pundak ini pun mengatakan bahwa berdasarkan pemeriksaan pihaknya secara umum kondisi ternak warga dalam kondisi sehat dan kebersihannya terjaga. “Sementara, dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa Koramil 01/Bangli untuk hewan ternak sapi wilayah kecamatan bangli semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK," kata Sutrisno. jpd

Editor: E. Ariana
Tags PMKBali BangliBagikan

Related Stories