Sukses Salurkan Rp66,99 Triliun, BRI Penyalur KUR Terbesar di Indonensia

BRI Salurkan KUR Rp66,99 Triliun

Jakarta, Balinesia.id - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) berhasil menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp66,99 triliun kepada 1,8 juta nasabah pada kuartal I- 2022 sehingga menjadikan bank plat merah itu sebagai penyalur KUR terbesar di Indonesia.

Saat ini, BRI sedang mengembangkan hyperlocal ecosytem dengan fokus pada ekosistem desa, pasar, kelompok pelaku usaha, dan komoditas yang menggunakan data analisis agar proses credit underwriting atau proses identifikasi dapat diproses.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan, kunci keberhasilan BRI dalam penyaluran KUR adalah dengan pembentukkan ekosistem digital yang diciptakan oleh perseroan. Adanya digitalisasi, efisiensi proses bisnis dapat diciptakan oleh BRI.

Sejalan dengan ini, BRI terus melanjutkan pencapaiannya sebagai bank penyalur KUR terbesar di Indonesia.

“Ekosistem digital yang diciptakan oleh BRI nyatanya mampu mendorong penyaluran KUR, utamanya dari sektor produksi. 
Tercatat sebesar 56,58% penyaluran KUR BRI pada Maret 2022 disalurkan kepada sektor produksi,” ujar Catur, dikutip dari keterangan resmi BUMN, Jakarta, Kamis, 21 April 2022.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) mencatat penyaluran KUR ini dilakukan terhadap segmen mikro sebesar Rp56,69 triliun kepada 1,6 juta nasabah, untuk segmen kecil sebesar Rp8,67 triliun kepada 31 ribu nasabah, serta segmen ultra mikro sebesar Rp1,64 triliun kepada 186 ribu nasabah.

Penyaluran KUR ini setara dengan 25,77% dari total KUR yang diberikan oleh pemerintah kepada BRI di tahun 2022 senilai Rp260 triliun.

Dalam penyaluran KUR ini, menggunakan pendekatan selective growth atau program pembiayaan yang dilakukan dengan cermat dan selektif berfokus pada pengoptimalan potensi bisnis daerah yang diutamakan pada usaha-usaha dari sektor ekonomi yang dinilai unggul dan mampu bertahan dalam kondisi pemulihan ekonomi nasional.***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Agnes Yohana Simamora pada 21 Apr 2022 

Editor: Rohmat
Bagikan

Related Stories