Pulihkan Pariwisata Bali, Cok Ace Minta IHGMA Dukung Pergub Busana Adat

Cok Ace (Istimewa)

Badung, Balinesia.id - Wakil Gubernur Bali Tjkorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengajak para manager hotel untuk mendukung Pergub Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali. Penerapan regulasi ini diharapkan dapat mendongkrak UMKM yang bergelut di dunia busana adat Bali.

Pernyataan tersebut dinyatakan orang nomor dua di Bali itu ketika membuka Rapat Kerja Daerah III DPD Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali di The Stones Hotel, Legian, Badung, Rabu 20 April 2022. 

“Kami berharap IHGMA dapat mendukung beberapa program prioritas Pemprov Bali seperti Pergub Nomor 79 Tahun 2018 terkait menjaga kelestarian busana adat Bali karena akan langsung berdapak positif pada UMKM kita yang ada di Bali. IHGMA dapat melaksanakan pergub tersebut di lingkungan hotelnya, serta beberapa pergub lainnya yang hendaknya dapat diaplikasikan dalam dunia pariwisata,” kata politisi yang akrab dipanggil Cok Ace itu.

Baca Juga:

Ia mengingatkan bahwa saat ini Bali sedang berusaha untuk bangkit dalam memajukan pariwisata yang sempat terpuruk akibat gempuran Covid-19. Peran IHGMA pun dinilai sangat sentral dalam upaya membangkitkan pariwisata Bali.

“IHGMA dapat bekerjasama dengan Pemprov Bali dalam upaya mewujudkan pariwisata berkelanjutan dan berkualitas, karena dari pandemi kita belajar bahwa pariwisata tidak hanya soal kuantitas melainkan harus berkelanjutan dan berkualitas. Sehingga apa yang kita bangun, apa yang kita miliki dapat terus bertumbuh, tetap lestari tanpa merusak kearifan lokal yang sudah ada,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua IHGMA DPD Bali, Yoga Iswara mengatakan pihaknya kini beranggotakan 189 General Manager dengan 5 DPC. Ke depan, perkumpulan itu pun diharapkan bisa terus bertumbuh dan dapat menguatkan program-program untuk bisa sejalan dengan visi-misi Pemprov Bali. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories