Rangkaian Ngusaba Kadasa Pura Ulun Danu Batur Dimulai Tilem Kasanga

Paruman Agung Ngusaba Kadasa Pura Ulun Danu Batur Isaka 1945. (Balinesia.id/IST)

Bangli, Balinesia.id – Puncak Pujawali Ngusaba Kadasa Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Ulun Danu Batur, Desa Adat Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli dilaksanakan pada Purnama Kadasa Isaka 1945 yang jatuh pada Rabu, 5 April 2023. Rangkaian Ngusaba Kadasa akan diawali dengan upacara Ngeker Dewasa dan Netegang yang dilakukan pada Tilem Kasanga, 21 Maret 2023.

Pangemong Pura Ulun Danu Batur, Jero Gede Batur Duhuran, dalam Paruman Agung Ngusaba Kadasa Isaka 1945 di Madya Mandala Pura Ulun Danu Batur, Jumat, 17 Maret 2023, mengatakan Ida Bhatara akan nyejer selama 13 hari, yakni pada 4-17 April 2023. Sebelum Ida Bhatara tedun dan nyejer selama hampir dua pekan itu, pujawali juga dimulai dengan serangkaian upacara.

“Pada Tilem Kasanga kami ngawitin nanceb rompok dan Ngeker Dewasa, sekalin Nanceb Sunari, Mapangalang, Ngingsah, Netegang, Nyuci, Nunas Tirta, dan Nunas Beras Catur,” katanya.

Baca Juga:

Selanjutnya, persiapan-persiapan akan dilakukan oleh krama Desa Adat Batur bersama umat Hindu. Pada 1 April 2023 krama Desa Adat Batur kemudian menggelar wali di Pura Guna Lali atau Pura Kodo. Dua hari berselang akan dilakukan wali di Merajan Agung Bukitan dan Bukutan.

“Tanggal 4 April 2023 dilakukan Bakti Mainoman di Merajan Agung Bukitan-Bukutan, selanjutnya dilakukan bakti pangodal Ida Bhatara, ngadegang dan mlaspas bagia pulakerti, serta Pepada Wewalungan,” katanya.

Keesokan harinya pada Buda Umanis Prangbakat, dilaksanakan puncak karya. Ada tiga ritual penting yang dilakukan dalam satu hari tersebut, yakni Pepada Agung, puncak upacara, serta Pujawali Tengahing Dalu. “Pujawali Tengahing Dalu ini dilakukan pukul 00.00 WITA ke hadapan Ida Bhatara Madue Gama,” katanya.

Baca Juga:

Pada 6 April 2023 agenda Ngusaba Kadasa adalah ritual Wayon Agung dan Pepada Penek. Keesokan harinya dilaksanakan ritual Wayon Alit, Maider Gita, serta Maican-ican dan Ngabuangin. “Dari tanggal 8 sampai 16 April dilakukan ritual bakti penganyar dari masing-masing kabupaten,” kata Jero Gede.

Selanjutnya, pada 17 April 2023 dilaksanakan Bakti Pepranian, Nuek Bagia Pulakerti, dan Ngeluhur Ida Bhatari. Dua hari setelahnya dilaksanakan prosesi lunga ke Pura Dalem Balingkang dan pada 20 April 2023 dilaksanakan Bakti Patetami atau Ngantukang Ida Bhatara-Bhatari Lingsir ka Jambudwipa.

“Selama rangkaian Ngusaba Kadasa ini kami memohon dukungan seluruh elemen. Bagi pamedek yang hendak sembahyang dapat bekerja sama dengan tertib. Potensi kemacetan masih jadi tantangan bagi kami, sehingga kami mengimbau masyarakat dan umat untuk dapat parkir dengan baik,” harapnya.

Baca Juga:

Sejalan dengan potensi kemacetan lalu lintas dan keamanan, Kabag Ops Polres Bangli, Kompol Ketut Maret menyatakan pihaknya telah menyiapkan rute pengamanan dan rekayasa lalu lintas. “Kami telah siapkan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus lalu lintas selama pelaksanaan Ngusaba Kadasa di Pura Ulun Danu Batur. Ada 13 pos yang nantinya diisi oleh anggota kami untuk memperlancar upacara,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories