Kapolri: Proses Pengawasan Pintu Masuk, Cara Masyarakat Bali Tetap Terjaga Selama Pandemi

Kapolri Listyo Sigit memberikan keterangan pers usai mengecek Posko Monitoring Karantina Presisi di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Sabtu 15 Januari 2021 (Bidhumas Polda Bali)

Denpasar, Balinesia.id - Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo menegaskan proses pengawasan di pintu masuk adalah salah satu cara masyarakat Bali tetap terjaga selama pandemi ini.

Menurut Kapolri, Laju Covid tetap bisa dikendalikan dan varian baru Omicron yang saat ini sudah mulai masuk juga bisa awasi dan dilakukan pencegahan seoptimal mungkin.

Tentunya ini butuh sinergitas, soliditas seluruh stakeholder dari seluruh masyarakat untuk kemudian kembali waspada, walaupun sudah vaksin 2 kali.  

"Tetap laksanakan protokol kesehatan. Pemerintah juga sudah memberikan ruang untuk vaksin booster sehingga imunitas masyarakat terjaga," kata Kapolri Listyo Sigit mengecek Posko Monitoring Karantina Presisi di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Sabtu 15 Januari 2021.

Untuk itu, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo memerintahkan pengawasan pintu masuk ke Pulau Bali seperti di pelabuhan dan bandara diperkatat dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 varian Delta dan Omicron.

"Pengawasan di pintu masuk harus betul-betul diperketat untuk mencegah melonjaknya kasus varian Delta dan Omicron," tegas Kapolri Listyo Sigit.

Pelabuhan Benoa, Kapolri didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, mengecek aktivitas masuknya Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).  

Tidak hanya di Pelabuhan Benoa, Polda Bali juga mendirikan Posko Monitoring Karantina Presisi di 4 pintu masuk lainnya, yaitu Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padangbai dan Pelabuhan Celukan Bawang.

Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana alur masuknya ABK dan wisatawan yang masuk Bali melalui Pelabuhan Benoa, terutama proses pemeriksaan khususnya masalah protokol kesehatan.

Kata dia, sepintas dari yang diikuti mulai dari bagaimana pemeriksaan terhadap ABK dan wisatawan dengan terlebih dulu diperiksa dengan melalui proses antigen pada saat di atas kapal.  (roh) ***


Related Stories