Kadin Dukung Percepatan Investasi, Kewirausahaan hingga Penguatan SDM melalui Vokasi

Ketua Umum Arsjad Rasjid saat konferensi pers pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2021 di BNDCC, Nusa Dua, Bali pada 3-4 Desember 2021. (Kadin)

Badung, Balinesia.id - Kamar Dagang dan Industri  atau Kadin Indonesia mendukung percepatan investasi di Indonesia dan menciptakan kewirausahaan serta penguatan SDM melalui pendidikan vokasi.

Ketua Umum Arsjad Rasjid menegaskan hal itu saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2021 di BNDCC, Nusa Dua, Bali pada 3-4 Desember 2021.

Arsjad Rasjid menekankan, dalam Rapimnas ini Kadin Indonesia bersama Kadinda seluruh Indonesia memikirkan soal bagaimana organisasi ini bisa berkontribusi dalam langkah menuju Indonesia Emas 2045.

"Kadin Indonesia menyiapkan Road Map To Indonesia 2045 dengan menguatkan tiga program utama, yakni mendukung percepatan investasi seperti spirit UU Cipta Kerja, membangun ekonomi daerah dan menciptakan kewirausahaan serta penguatan SDM melalui vokasi," tegasnya dalam acara yang dibuka Presiden Joko Widodo itu.

Untuk mengangkat pondasi ekonomi Indonesia, yakni UMKM melalui penguatan kewirausahaan dan SDM. UMKM kata Arsjad harus naik kelas, dari informal menjadi formal sehingga bisa mengakses permodalan untuk menjadi lebih besar.

Ditegaskan, Kadin Indonesia mendorong program Ekonomi Kerakyatan yang mengedepankan kerja sama, kolaborasi menciptakan wirausaha sosial, peduli terhadap ekonomi negara, bangsa dan masyarakat.

"Itulah Ekonomi Pancasila yang bertujuan menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tuturnya.

Hal itu akan diangkat Pemerintah Indonesia dalam Presidensi G20 yang akan digelar di Bali tahun 2022. Ini menjadi kebanggaan bagi kita sebagai negara berkembang pertama yang menjadi tuan rumah, kata Arsjad.

Indonesia akan membawa isu-isu negara berkembang, yakni soal UMKM dan ekonomi digital serta komitmen Indonesia menyiapkan diri sebagai kekuatan ekonomi dunia melalui industri hijau dan ramah lingkungan.

Ia berharap, Rapimnas yang merupakan amanat Munas ini dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi khususnya sektor pariwisata dan UMKM di Bali.

Dalam Rapimnas ini KADIN Indonesia juga menggelar acara pameran UMKM dan industri kreatif di sepanjang lobby tempat berlangsungnya acara.  

Rapimnas 2021 merupakan komitmennya untuk merealisasikan kinerja kepengurusan yang inklusif dan kolaboratif serta  mengedepankan kerja sama. (roh) ***

Editor: Rohmat

Related Stories