Balinesia Masuk Nominasi Kompetisi Karya Jurnalistik AJI-Tokopedia

Karya jurnalistik berjudul 'Berkat Digitalisasi, Produk Kearifan Lokal di NTT Masuk Segmen Premiumdi yang diangkat Balinesia.id berhasil masuk Nominasi Kompetisi Karya Jurnalistik yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Tokopedia. (Twitter @AJIIndonesia)

Jakarta, Balinesia.id  – Karya jurnalistik berjudul 'Berkat Digitalisasi, Produk Kearifan Lokal di NTT Masuk Segmen Premiumdi yang diangkat Balinesia.id berhasil masuk Nominasi Kompetisi Karya Jurnalistik yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Tokopedia.

AJI dan Tokopedia memberikan penghargaan kepada dua jurnalis yang berhasil menjadi pemenang dalam kompetisi karya jurnalistik bertema ‘Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi Covid-19’.

Setelah melalui penilaian tim yuri, akhirnya pemenang kompetisi kategori media online adalah karya berjudul ‘Cerita Jack Pelaku UMKM Disabilitas Semarang Bertahan saat Pandemi lewat Digitalisasi’ oleh Iwan Arifianto dari Tribunjateng.com.

Kemudian, kategori media cetak diraih Wahyu Zanuar Bustomi dari Jawapos dengan karya berjudul ‘Harus Hati-Hati Menggeser agar Notifikasi Pesanan Tak Kelewatan’.

Keduanya berhak mendapatkan laptop masing-masing senilai Rp10 juta. Selain itu, AJI dan Tokopedia juga memberikan penghargaan terhadap 20 nominator dalam kompetisi tersebut.

Pihak panitia telah sebanyak 165 karya jurnalis media online dan media cetak dari berbagai daerah di Indonesia. Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang terdiri atas  Heru Margianto (Managing Editor Kompas.com), Alyaa Nabiilah (Program Officer HAM dan Demokrasi Infid), dan Ekhel Chandra Wijaya (External Communications Senior Lead Tokopedia).

Kegiatan itu digelar untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas keterampilan jurnalistik dan pemahaman yang lebih baik tentang isu UMKM dan tantangan sektor industri kecil pada masa pandemi Covid-19.

Ajang ini rangkaian dari sejumlah kegiatan yang telah digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Tokopedia untuk mendukung pengembangan media siber rintisan serta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).  

Kegiatan lainnya meliputi ‘Workshop Strategi Kewirausahaan Media Online’ bagi pengelola media siber rintisan pada 20-22 September 2021 dan lokakarya peliputan UMKM bagi jurnalis pada 12-14 Oktober 2021.

Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Ika Ningtyas mengungkapkan, workshop ini penting digelar karena perkembangan internet telah memacu tumbuhnya media online secara signifikan. Dewan Pers memperkirakan dari 47 ribu jumlah media, 43 ribu di antaranya adalah media online.

Namun, belum seluruh pengelola media siber memiliki kapasitas bisnis yang sehat dan berkelanjutan.

“Belum seluruh pengelola media siber memiliki kapasitas bisnis yang sehat dan berkelanjutan. Sebab, mendirikan media siber dianggap mudah dan murah, sehingga pengelola media kerap abai dengan aspek penguatan bisnis yang lebih sehat,” kata Ika Ningtyas dalam keterangan tertulisnya Rabu (1/12/2021).

Lanjut dia, pengelolaan bisnis yang tidak sehat, hanya akan mendorong media siber memproduksi jurnalisme bermutu rendah.

“Tantangan bagi media siber semakin kompleks saat pandemi Covid-19 ini. Kondisi ini menuntut pengelola media siber berinovasi agar dapat berkelanjutan menghadapi perubahan zaman,” tutur Ika Ningtyas.

Kondisi tersebut juga akan mendorong ruang redaksi yang lebih independen, menjunjung prinsip jurnalistik yang beretika, inklusif dan dapat memenuhi kesejahteraan pekerja media.  

Menurutnya, workshop ini menjadi salah satu upaya untuk membantu pengelola media siber yang baru memulai usahanya agar dapat berkembang dan menjalankan fungsinya dalam pemenuhan hak publik akan informasi.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan, workshop ini menjadi salah satu dukungan Tokopedia untuk mendorong media online rintisan yang berkualitas sekaligus memantik inspirasi bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk berani bertransformasi digital untuk mengembangkan bisnis.

Media online memiliki peran strategis untuk ikut memajukan atau mengangkat ekonomi Indonesia yang berbasis digital.

“Workshop ini salah satu bentuk apresiasi Tokopedia untuk jurnalis. Semoga bermanfaat dan bisa memberdayakan,” sambung Chandra Wijaya.

Berikut 20 Nominasi Kompetisi Karya Jurnalistik “Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi Covid-19” kerja bersama AJI-Tokopedia:

Nominasi Kategori Media Online

Nominasi 1. Judul karya: UMKM Ramai-ramai Beralih ke Digital Hadapi Pandemi

Nominasi 2. Judul karya: Digitalisasi, 'Obat' UMKM Sembuh dari 'Infeksi' Pandemi

Nominasi 3. Judul karya: Digitalisasi Langkah UMKM Kripik Kentang Bu Endang Batam Bangkit di Masa Pandemi

Nominasi 4. Judul karya: Pempek Nabil, Jangkau Nusantara Berkat Tokopedia

Nominasi 5. Judul karya: Digitalisasi UMKM Tak Sekadar Memindahkan Etalase ke Marketplace

Nominasi 6. Judul karya: Di Masa Darurat COVID-19, Omzet Empek-empek Nabil Malah Melejit Hingga 200 Persen

Nominasi 7. Judul karya: Digitalisasi Juru Selamat UMKM Bali Saat Pariwisata Mati Suri

Nominasi 8. Judul karya: Kisah Bagus, Modal Riset Kata Kunci Kini Sukses Jual 10.000 Daun Kering, Omzet Rp 20 Juta Sebulan

Nominasi 9. Judul karya: Kisah Batik Toeli, Karya Penyandang Tuli yang Tembus Pasar AS Berkat Platform Digital

Nominasi 10. Judul karya: Penyandang Disabilitas Berdaya Jadi Pemasar di Dunia Maya

Nominasi 11. Judul karya: Meneropong Lompatan Bisnis Tokopedia dari Kaca Mata Pengguna

Nominasi 12. Judul karya: Berkat Digitalisasi, Produk Kearifan Lokal di NTT Masuk Segmen Premium

Nominasi 13. Judul karya: Omzet Pulih Berkat Tokopedia

Nominasi 14. Judul karya: Digitalisasi UMKM, Paksaan Pandemi Covid-19 yang Berbuah Cuan

Nominasi 15. Judul karya: Transaksi QRIS Mulai Jadi Gaya Hidup di Pekanbaru II.

Nominasi Kategori Media Cetak

Nominasi 1. Judul karya: Ekonomi Digital Jadi Tumpuan di Tengah Pandemi

Nominasi 2. Judul karya: Jualan Daring dari Balik Hutan Kalimantan Tengah

Nominasi 3. Judul karya: Pandemi, Dua Produsen Lokal Dorong Ekonomi Daerah

Nominasi 4. Judul karya: Bisnis Minyak Karo Tetap Moncer saat Pandemi

Nominasi 5. Judul karya: Transformasi Digital: Menyoal Keamanan Siber UKM

Selamat kepada para pemenang dan nominator Kompetisi Karya Jurnalistik kerja sama AJI dan Tokopedia.

Bagi para Pemenang dan nominator  Kompetisi Karya Jurnalistik kerja sama AJI dan Tokopedia dapat menghubungi panitia via email ke [email protected]

Buku kompilasi Kompetisi Karya Jurnalistik kerja sama AJI dan Tokopedia dapat di download melalui website AJI Indonesia melalui link : https://aji.or.id/read/buku/87/berkah-digitalisasi-kompilasi-karya-kompetisi-jurnalistik-isu-digitalisasi-umkm-di-masa-pandemi-covid-19.html

 


Related Stories