Erick Thohir: Bandara adalah Market Perkenalkan Budaya

Menteri BUMN, Erick Thohir memegang tapel barong usai menonton pertunjukan seni di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Sabtu, 11 Juni 2022. (Balinesia.id/istimewa)

Badung, Balinesia.id – Menteri BUMN, Erick Thohir menilai bandara sebagai pasar untuk memperkenalkan budaya. Hal itu dikatakan kala menyaksikan pertunjukan seni tari di area Terminal Kedatangan bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali, Sabtu, 11 Juni 2022.

“Kami dari BUMN berinisiasi bahwa bandara merupakan market untuk memperkenalkan budaya, jangan merubah budaya kita yang sudah dikenal dalam menjaga suatu Bhineka Tunggal Ika,” katanya di hadapan Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi dan General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali, Handy Heryudhitiawan.

Menurutnya, saat ini statistik kunjungan wisatawan telah meningkat. Oleh karena itu menjadi momentum yang tepat untuk menunjukkan eksistensi kebudayaan, khususnya di Bali.

"Saya telah melihat data turis domestik sudah kembali 70 persen dan internasional 30 persen. Saya rasa momentumnya tepat melakukan kembali pertunjukan seni, dua sampai empat kali sebulan, agar menjaga komunitas kebudayaan kita, dan saya rasa yang di bandara merasa senang seiring Covid-19 angkanya sudah menurun," kata Erick.

Baca Juga:

Handy Heryudhitiawan mengatakan bahwa dalam upaya membangkitkan kembali kunjungan wisata di Pulau Bali pihaknya memberikan persembahan hiburan kepada pengguna jasa yang dikemas melalui pertunjukan seni tari dan alat musik khas daerah.

"Melihat beberapa waktu lalu sektor aviasi dan turunannya mengalami dampak pandemi Covid-19, sangat berpengaruh terhadap jumlah wisatawan di Pulau Bali. Dengan berkolaborasi bersama para pelaku seni turut meningkatkan pelayanan serta pengalaman pengguna jasa di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali seiring meningkatnya kembali kunjungan wisatawan," katanya.

Ia menjelaskan, menurut data statistik, jumlah penumpang domestik pada bulan Mei 2022 adalah sejumlah 772.116 orang penumpang atau naik 64 persen dibandingkan bulan April yang sejumlah 470.438 orang penumpang. Sementara, jumlah penumpang internasional mengalami persentase kenaikan hingga 107 persen, meningkat dari 114.685 orang penumpang di bulan April menjadi 237.710 orang pada bulan Mei 2022.

“Dari angka positif pertumbuhan pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, kami tetap berkomitmen terhadap antisipasi penyebaran Covid-19 sesuai regulasi yang telah di atur oleh pemerintah,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories