Batal Dibuka Jokowi, PKB ke-44 Dipastikan Dibuka Tito Karnavian

Kadisbud Bali, Arya Sugiartha (kiri) dalam konferensi pers PKB ke-44 di Denpasar, Jumat, 10 Juni 2022 (Balinesia.id/jpd)

Denpasar, Balinesia.id - Presiden Jokowi dipastikan absen dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 yang rencananya dibuka Minggu, 12 Juni 2022. Sebagai gantinya, hajatan seni terakbar Bali itu akan dibuka Menteri Dalam Negeri, Titi Karnavian.

"Sudah pasti hari ini, Mendagri (Tito Karnavian) dipastikan akan membuka PKB di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali saat Peed Aya. Presiden berhalangan hadir," kata Kepala Dinas Kebudayaan Bali, I Gede Arya Sugiartha di Denpasar kepada awak Media, Jumat, 10 Juni 2022.

Baca Juga:

Ia mengatakan, PKB bertema "Danu Kerthi Huluning Amreta: Memuliakan Air Sumber Kehidupan" itu juga akan dibuka langsung saat Peed Aya (Pawai). Hal ini berbeda dengan kebiasaan pada pembukaan PKB-PKB sebelumnya yang biasanya dibuka secara resmi di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Bali, Denpasar.

"Peed Aya nanti diilakukan live dari Monumen Perjuangan Rakyat Bali pukul 14.00 WITA. Nanti Menteri Dalam Negeri akan langsung melepas Pawai dan  pembukaan PKB. Jadi, langsung dibuka," kata dia.

Meski demikian, pada malam harinya pagelaran perdana juga tetap dibuka di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Bali, Denpasar. Adapun pagelaran perdana akan menampilkan Rekasadana Sendratari berjudul "Catur Kumba Mahosadhi" garapan ISI Denpasar.

Arya Sugiartha yang juga mantan Rektor ISI Denpasar itu mengatakan, Peed Aya PKB ke-44 juga akan berbeda dengan Peed Aya PKB sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya Peed Aya hanya diikuti kontingen tiap kabupaten dan lembaga lain yang jumlahnya belasan, tahun ini tercatat ada 24 lembaga/komunitas yang berpartisipasi. Mereka berasal dari kontingen Provinsi Bali, Kabupaten/Kota se-Bali, perguruan tinggi se-Bali, BUMN/BUMD, lembaga swasta, hingga SMK.

"Nanti tidak ada pentas khusus saat pawai. Semua berjalan seperti biasa agar waktu terkondisikan sesuai jadwal selama sekitar dua jam," kata dia.

Untuk pertama kalinya usai pandemi Covid-19, PKB ke-44 akan digelar luring daring. Dari segi isi, materi PKB masih mengetengahkan delapan jenis materi utama yakni Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pagelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni). jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories