BPR Diharapkan Terbiasa Digitalisasi dan Edukasi Masyarakat Melek Keuangan Digital

Penandatanganan kerjasama oleh perwakilan dari PERBARINDO Bali dan Direktur PT Komunal Sejahtera Indonesia, Stefanus Randy Gunadi. (Dok. Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id - PT Komunal Sejahtera Indonesia mendorong BPR agar terbiasa dengan digitalisasi dan mengedukasi masyarakat agar melek keuangan digital.

Ketua DPD Perbarindo Bali I Ketut Wiratjana memberi dukungan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk bertransaksi melalui Bank Perkreditan Rakyat.

“BPR sama seperti bank umum yang dilindungi oleh LPS, bahkan BPR lebih istimewa karena memberikan bunga yang lebih tinggi,” kata I Ketut Wiratjana dalam keterangannya Selasa (28/12/2021).

Pemerintah kembali memberikan dukungan atas kerja sama yang terjadi antara perusahaan teknologi keuangan dengan BPR.

Tujuannya, agar BPR dapat berkompetisi dengan bank-bank umum dan berkembang sehingga penyaluran dana dalam bentuk pinjaman kepada UMKM dapat semakin tersalurkan dengan lancar.

Ditambahkan, saat ini Komunal telah bekerjasama dengan BPR di Jawa Timur dan Bali, di mana deposan Komunal DepositoBPR dapat mengakses dari seluruh wilayah Indonesia untuk melakukan penempatan deposito di BPR yang telah bekerja sama dengan Komunal di platform Komunal DepositoBPR.

Kedepannya kata Ketut, Komunal Sejahtera Indonesia berharap untuk dapat membantu lebih banyak BPR dari seluruh Indonesia dalam pembukaan deposito BPR secara digital dan paperless serta sistem transaksi yang terintegrasi sehingga setiap BPR dapat berperan aktif untuk membantu mempercepat pemulihan perekonomian daerah di wilayah kerja masing-masing.

“Diharapkan dengan penandatanganan kerja sama di wilayah Bali, akan segera disusul dengan kerja sama dengan BPR di wilayah lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Direktur PT Komunal Sejahtera Indonesia, Stefanus Randy Gunadi menyatakan sepakat bekerjasama dengan BPR.

Hal ini ditunjukkan dengan penandatanganan kerjasama oleh perwakilan dari PERBARINDO Bali dan Direktur PT Komunal Sejahtera Indonesia, Stefanus Randy Gunadi.

“Demi mempercepat digitalisasi, 20 BPR wilayah Bali telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT Komunal Sejahtera Indonesia, sehingga setiap BPR mendapatkan publikasi nasional melalui platform Komunal Deposito BPR yang merupakan produk dari PT Komunal Sejahtera Indonesia,” ucap Stefanus Randy Gunadi .

Penandatangan kerja sama berlangsung, Kamis (23/12/2021) ini diharapkan dapat mengakselerasi kinerja setiap BPR dalam akses digital, publikasi nasional, dan mendapatkan deposan potensial dari seluruh Indonesia.

“Kerja sama ini juga diharapkan agar dapat membantu setiap BPR untuk dapat semakin fokus menyalurkan dana dalam bentuk pinjaman kepada UMKM lokal di wilayah kerja masing-masing demi mempercepat pemulihan ekonomi daerah,” terangnya.(roh) ***


Related Stories