5 Cara Mengisi Daya Ponsel Jadi Lebih Cepat

5 Cara Mengisi Daya Ponsel Jadi Lebih Cepat (Freepik)

JAKARTA - Ponsel adalah salah satu barang penting yang rasanya sulit untuk ditinggal di dalam rumah ketika kita seharian beraktivitas di luar. Meski praktis dan mudah, fungsi dari ponsel hanya bisa berjalan dengan baik jika memiliki baterai yang cukup.

Akan tetapi, bagi sebagian ponsel mungkin memiliki pengisian daya yang cukup lambat sehingga membuat pengguna jadi frustasi karena tak kunjung penuh. Bagi Anda yang mengalami, tak perlu khawatir.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat pengisian daya ponsel Anda.

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Ponsel

1. Nyalakan Airplane Mode atau Mode Pesawat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat pengisian daya ponsel adalah dengan mengalihkannya ke mode pesawat. Cara ini akan menjaga baterai agar tidak cepat habis dan memfokuskan daya pada pengisian daya.

Selain itu, Anda juga tidak akan bisa menerima SMS atau mencari sesuatu secara online. Namun, Anda akan menghemat daya karena ponsel tidak akan terus menerus mencari koneksi seluler atau Wi-Fi.

2. Matikan Ponsel

Tidak ada cara yang lebih baik tentang cara mengisi daya ponsel lebih cepat selain memastikan semua daya langsung masuk ke baterai dengan menempatkan ponsel dalam low-power mode atau mematikannya. Hal ini akan mengurangi jumlah daya yang dibutuhkan ponsel untuk bekerja.

3. Colokkan ke Stop Kontak di Dinding

Port USB di komputer mungkin nyaman digunakan untuk mengisi daya saat Anda bekerja dari jarak jauh. Akan tetapi, stopkontak justru akan mengisi daya ponsel Anda jauh lebih cepat.

Hal ini karena port USB biasanya hanya mengisi daya pada 0,5 ampere, sehingga memerlukan waktu dua kali lebih lama untuk mengisi daya ponsel daripada adaptor daya 1 ampere yang tersedia.

4. Jauhkan Ponsel dari Sinar Matahari

Hindari memaparkan ponsel pada suhu 35 derajat Celcius ke atas. Panas dapat merusak kapasitas baterai. 

Faktanya, perangkat lunak ponsel mungkin akan membatasi pengisian daya hingga sekitar 80% saat ponsel jadi lebih panas daripada suhu yang disarankan. Oleh karena itu, pastikan Anda mendinginkan ponsel yang terlalu panas dengan menjauhkannya dari paparan sinar matahari.

5. Lepaskan Case Ponsel

Jika Anda menyadari ponsel Anda menjadi panas saat Anda mengisi dayanya, Apple mencoba memberi saran untuk mengeluarkan ponsel dari casing sebelum mengisi daya. Mengisi daya perangkat saat berada dalam case tertentu ternyata dapat menghasilkan panas berlebih yang dapat memengaruhi kapasitas baterai.

Itu tadi beberapa cara mempercepat pengisian daya pada ponsel. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories