5 Tempat Terburuk untuk Menyimpan Ponsel

5 Tempat Terburuk untuk Menyimpan Ponsel (Freepik)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri, ponsel adalah salah satu benda penting yang tidak boleh terlewatkan dalam kehidupan sehari-hari saat ini. Pasalnya, kita bisa melakukan berbagai hal lewat ponsel, seperti mengakses media sosial, bekerja, melakukan pembayaran, dan sebagainya.

Namun, Anda perlu mengetahui bahwa tidak sembarang tempat bisa digunakan untuk menyimpan ponsel. Berikut beberapa tempat yang tidak boleh Anda letakkan ponsel di dalamnya.

Jangan Simpan Ponsel di Tempat-tempat Ini

1. Saku

Seperti yang dilansir dari The Healthy, menyimpan ponsel di saku memang terasa nyaman. Tapi, perlu diketahui bahwa saat ponsel dalam keadaan hidup, terhubung ke jaringan nirkabel dan diletakkan di dalam saku, maka radiasinya jadi dua hingga tujuh kali lebih tinggi daripada saat diletakkan di dalam dompet atau sarung ponsel.

Dari penjelasan tersebut disebutkan bahwa ada korelasi antara radiasi ponsel dan pertumbuhan tumor. Ditambah lagi, radiasi tersebut dapat mengubah struktur DNA dan memengaruhi kesuburan pria.

2. Tempat Tidur atau di Bawah Bantal

Tidur dengan ponsel ternyata bukan hal yang baik. Pertama, meletakkan ponsel di bawah bantal dapat menimbulkan panas dan berpotensi menimbulkan kebakaran, apalagi jika ponsel Anda sedang diisi dayanya atau rusak.

Tidak hanya itu, lampu LED dari layar ponsel dapat mengganggu produksi melatonin dan ritme sirkadian yang dapat mengganggu kualitas tidur.

3. Terhubung ke Listrik

Membiarkan ponsel tetap terhubung ke listrik ketika baterai sudah penuh dapat menyebabkan kerusakan pada baterai itu sendiri. Bukan karena ponsel Anda kelebihan beban dengan daya, tapi penumpukan panas karena menumpuk benda-benda di atas ponsel atau menyimpannya di bawah bantal akan membuat ponsel jadi lebih panas dan merusak baterai. Kerusakan jadi lebih parah apalagi jika Anda menggunakan kabel tiruan.

4. Dekat dengan Wajah Anda

Mendekatkan ponsel ke wajah berarti membiarkan bakteri berpindah ke dan dari ponsel. Hal itu akan membuat kulit dan ponsel jadi lebih cepat kotor.

Kebiasaan ini juga akan menyebabkan munculnya jerawat, iritasi kulit, bahkan kerutan. Oleh karena itu, coba gunakan earpods untuk menjaga jarak permukaan ponsel dari wajah.

5. Kamar Mandi

Meski ponsel bisa dikatakan sebagai media untuk mendapatkan berita layaknya sebuah koran baru, sebetulnya bukan hal yang baik jika Anda membawanya ke kamar mandi. Bahkan, jika Anda menyimpan perangkat di meja atau jauh dari toilet, benda apapun yang berada dalam jarak 1 meter dari tempat pembilasan dapat mengandung bakteri atau virus di udara.

Itu tadi beberapa lokasi terlarang untuk menyimpan ponsel. Hati-hati!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories