7 Kesalahan Penggunaan yang Akan Memperpendek Masa Pakai Ponsel

7 Kesalahan Penggunaan yang Akan Memperpendek Masa Pakai Ponsel (Freepik)

JAKARTA - Membeli ponsel baru tentu bukan hal yang murah. Tidak mengherankan jika kita semua ingin ponsel yang kita miliki bisa awet tahan lama.

Akan tetapi, seringkali kita tidak sadar melakukan beberapa kebiasaan yang membuat ponsel jadi cepat rusak. Oleh karena itu, simak beberapa penjelasan kesalahan penggunaan ponsel berikut ini.

Kesalahan Penggunaan Ponsel

1. Anda Mengaktifkan Getaran pada Notifikasi 

Ponsel seperti alat atau perangkat lainnya, di mana semakin tua maka akan kehilangan efektivitasnya seiring dengan bertambahnya usia penggunaan.

Notifikasi getar adalah kebiasaan yang membuat kinerja ponsel jadi makin sulit. Masalah dengan kebiasaan ini pada dasarnya adalah ponsel dipaksa terus-menerus bekerja pada kapasitas penuh meski ketika tidak diperlukan. Padahal, sama seperti kita, ponsel juga perlu istirahat agar tidak burn out.

2. Membiarkan Aplikasi Tetap Terbuka Meski Sedang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan dapat menghabiskan masa pakai baterai iPhone dan Android. Jika Anda membuka suatu aplikasi sekali dan tidak pernah menggunakannya lagi, maka aplikasi tersebut mungkin masih berjalan di latar belakang.

Dengan swipe out aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, maka hal itu akan membantu memperpanjang masa pakai baterai ponsel sekaligus mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel.

3. Anda Memberikan Izin yang Tidak Perlu pada Aplikasi

Aplikasi ride-sharing atau ojek online mungkin memerlukan lokasi Anda untuk menjemput Anda, tapi aplikasi lain mungkin tidak memerlukan izin tersebut.

Oleh karena itu, pastikan Anda cermat dan memilih aplikasi apa saja yang Anda berikan izinnya dan hapus izin yang Anda anggap tidak diperlukan.

4. Anda Memiliki Aplikasi Penguras Baterai

Menurut AdWeek, aplikasi yang paling banyak menguras baterai adalah Snapchat, Google Maps, Netflix, Amazon, dan Facebook. The Guardian menyebutkan bahwa uninstal aplikasi Facebook dari ponsel Android dapat menghemat hingga 20 persen masa pakai baterai.

Alasan mengapa Facebook sangat menguras baterai adalah karena aplikasi tersebut tetap berjalan di latar belakang, bahkan saat Anda tidak menggunakannya.

5. Layar Ponsel Terlalu Terang

Sekarang sudah lewat zamannya layar ponsel yang terlalu kecil. Anda harus menyadari bahwa layar yang lebih besar dapat menjadi musuh terburuk pada baterai ponsel.

Pastikan Anda mengaktifkan adaptive brightness di menu tampilan. Pengaturan ini akan membantu ponsel Anda secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar agar sesuai dengan lingkungan Anda.

6. Ponsel Terpapar Panas

Suhu yang sangat panas atau sangat dingin serta kondisi cuaca lainnya ternyata dapat memperpendek umur ponsel Anda. Seperti yang dilansir dari Time, panas berlebih dapat menyebabkan banyak hal, mulai dari kehilangan data, bahkan kerusakan atau kebocoran baterai.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mendinginkan ponsel jika sudah terlalu panas. Meski begitu, cuaca dingin juga dapat menimbulkan banyak masalah. Dalam suhu dingin, beberapa smartphone ada yang bisa mati, mengalami masalah tampilan, kehabisan baterai, atau dalam kasus yang jarang terjadi layar bisa pecah.

7. Anda Menyimpan Ponsel di Tempat Tidur atau di Bawah Bantal

Meletakkan ponsel di bawah bantal saat tidur adalah cara lain untuk memperpendek umur ponsel karena terjadi penumpukan panas. Jika ponsel sedang diisi dayanya atau rusak, maka hal tersebut dapat menimbulkan potensi bahaya kebakaran. 

Itu tadi beberapa kebiasaan buruk yang dapat menurunkan masa pakai ponsel atau smartphone. Apakah Anda masih melakukannya?

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories