Inilah 5 Makanan Terbaik untuk Menutrisi Rambut

Inilah 5 Makanan Terbaik untuk Menutrisi Rambut (Unsplash)

JAKARTA - Semua orang tentu menginginkan kondisi rambut yang sehat dan indah. Namun, merawat rambut tentunya memerlukan perhatian khusus tidak hanya dengan perawatan namun juga asupan nutrisi yang baik.

Nutrisi dari makanan perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi rambut agar tidak mengalami sejumlah masalah seperti ketombe, rambut rontok, kusam, bercabang, dan kebotakan.

Makanan Terbaik untuk Menutrisi Rambut

Melansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan Indonesia, berikut adalah 5 makanan terbaik untuk menutrisi rambut.

1. Ikan

Ikan seperti salmon, tenggiri, tuna, dan ikan kembung adalah makanan yang kaya akan protein dan vitamin D yang dapat membuat rambut tumbuh kuat. Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam ikan juga baik untuk menutrisi rambut. 

2. Kenari

Kenari memiliki peran vital dalam melindungi rambut dari sinar matahari yang dapat merusak DNA sel rambut. Hal ini disebabkan kandungan kenari yang kaya akan asam lemak omega-3, biotin, dan vitamin E, yang secara efektif membantu menjaga keberlanjutan kesehatan rambut Anda.

3. Tiram

Kelebihan zinc adalah kunci untuk menghindari kerusakan rambut, termasuk rambut rontok dan kulit kepala yang kering serta bersisik. Tiram, sebagai sumber kaya zinc, dapat menjadi solusi untuk mencegah masalah tersebut. Makanan lain yang juga mengandung zinc, seperti daging sapi dan telur, dapat menjadi tambahan penting dalam menjaga kesehatan rambut Anda.

4. Ubi Jalar

Minyak yang dihasilkan dari beta karoten pada ubi jalar memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan kelembaban kulit kepala. Alternatif makanan lain yang dapat dipertimbangkan yaitu wortel, melon, mangga, dan labu yang dapat membantu memberikan nutrisi yang efektif untuk memelihara kesehatan rambut dan kulit kepala Anda.

5. Bayam

Sebagai sumber zat besi, beta karoten, asam folat, dan vitamin C, bayam memberikan dukungan holistik untuk folikel rambut dan kesehatan kulit kepala Anda. Kombinasi nutrisi ini secara efisien berkontribusi pada perawatan rambut, menjadikan bayam pilihan yang baik untuk menjaga kecantikan dan kekuatan rambut.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 01 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories