5 Cara Menghindari Kecopetan Saat Liburan, Hati-hati!

5 Cara Menghindari Kecopetan Saat Liburan, Hati-hati! (Freepik)

JAKARTA - Liburan Natal dan Tahun Baru selalu dinanti-nanti banyak orang. Apalagi, libur Nataru tahun ini cukup panjang yang membuat banyak orang mengambil cuti akhir tahun untuk berlibur.

Meningkatnya antusiasme masyarakat untuk berlibur, ada baiknya jika Anda tetap waspada. Jangan sampai lengah, apalagi saat berada di tempat wisata yang penuh dengan orang.

Pasalnya, di tempat wisata yang penuh dengan turis seringkali jadi kesempatan untuk para pencopet untuk melakukan aksinya dengan mencuri uang atau barang berharga. Hal itu tentu sangat berbahaya dan merusak kenikmatan liburan.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan seperti berikut.

Cara Menghindari Pencopetan Saat Sedang Berlibur

1. Hati-hati Saat Berada di Dalam Kerumunan

Menghindari kerumunan seringkali tidak mungkin dilakukan saat bepergian, baik dengan transportasi umum, di jalanan, atau di tempat wisata yang ramai. Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah kecopetan adalah dengan hati-hati terhadap kontak fisik apapun dengan orang asing, tidak peduli seberapa kecil benturan atau gesekan dengan orang lain.

Pencopet menyadari bahwa orang-orang dalam situasi ini sedang lengah dan akan menganggapnya sebagai kesempatan untuk mencuri. Oleh karena itu, berusahalah untuk tetap menjaga jarak dengan orang asing.

2. Jangan Memamerkan Barang Berharga

Lupakan kebiasaan flexing atau pamer barang berharga saat sedang liburan. Jika Anda masih menggunakan barang-barang mewah, bermerek, atau memamerkannya di depan umum, Anda akan menjadi target pencopetan.

Hindari melambaikan ponsel atau barang elektronik lainnya di tempat umum, menghitung tumpukan uang tunai, atau memakai perhiasan yang mencolok. Cobalah untuk batasi penggunaan ponsel saat berada di tempat umum dan jangan pernah secara tidak sengaja memamerkan banyak uang.

3. Jaga Barang dan Tas Tetap di Menempel di Tubuh Anda

Tips ini adalah tindakan pencegahan sederhana yang dianggap remeh oleh banyak orang, sampai semuanya terlambat. Pastikan unuk menyimpan barang-barang seperti tali tas atau kamera dengan erat di tubuh untuk membantu memastikan tidak ada orang yang dapat dengan cepat merampasnya.

Pastikan untuk meletakkan barang-barang tersebut di dalam tas Anda, dan letakkan tas di depan perut Anda. Hal ini agar Anda bisa lebih mudah mengawasi barang bawaan Anda.

4. Jangan Tertipu Trik Pencuri

Trik umum di kalangan pencuri adalah dengan menimbulkan gangguan bagi korbannya, yang akan memberikan kesempatan bagi pencuri untuk merogoh saku atau tas korban tanpa disadari.

Salah satu metode yang banyak dilaporkan adalah seseorang yang pura-pura tidak sengaja menumpahkan minuman ke korbannya sebelum pasangannya pura-pura memberikan bantuan dengan sopan kepada Anda sambil merogoh saku Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu waspada terhadap kontak fisik dengan orang asing apapun yang terjadi.

5. Hindari Membawa Uang Tunai Lebih dari yang Anda Butuhkan

Semakin sedikit uang tunai di tas atau dompet Anda, maka semakin rendah risiko dicopet. Aturan umum bagi para turis adalah jangan pernah membawa uang tunai lebih dari perkiraan anggaran untuk satu hari.

Hal ini tidak hanya mengurangi kemungkinan pencuri dapat menemukannya, tapi juga jika terjadi pencurian, kerugian akan tetap diminimalisir.

Itu tadi cara mencegah kecopetan saat sedang berlibur. Tetaplah hati-hati dan waspada!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories