Cara Menghemat Uang untuk Membeli Hadiah Natal

Cara Menghemat Uang untuk Membeli Hadiah Natal (Freepik.com/pvproductions)

JAKARTA - Bagi umat Kristiani, Hari Raya Natal tentu menjadi momen yang sangat dinanti-nanti. Banyak aktivitas yang sering dilakukan pada momen tersebut, salah satunya adalah memberikan kado untuk orang terkasih.

Bagi Anda yang sedang dalam masa berhemat, tentu hal ini sulit untuk dilakukan. Namun, jangan bersedih.

Perlu Anda ketahui, terkadang kado yang berharga buka karena harga atau mereknya, tapi yang dibuat atau diberikan atas dasar cinta dan kreativitas.

Oleh karena itu, simak beberapa tips berikut ini agar Anda tidak boros saat membeli hadiah Natal.

Cara Membeli Kado Natal dengan Hemat

1. Rencanakan Anggaran

Semuanya dimulai dengan mengetahui berapa anggaran yang tersedia untuk pengeluaran ini. Anggaran yang terencana dengan baik adalah suatu peta yang menuntun Anda terbebas dari stres akibat masalah finansial.

Oleh karena itu, sebelum Anda berbelanja, ada baiknya jika Anda membuat anggaran Natal yang sesuai untuk Anda. Anggaran ini akan membantu Anda tetap pada jalurnya sehingga terhindar dari pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

2. Belanja Sesuai Anggaran

Dengan anggaran yang telah ditetapkan, langkah selanjutnya adalah menangani belanja Natal Anda dengan cara yang cerdas dan ramah anggaran. 

Berbelanja untuk Natal tidak harus menjadi pengalaman menguras dompet yang membuat Anda jadi punya banyak utang saat bulan Januari nanti. Dengan strategi yang tepat, Anda dapat menemukan hadiah menarik dan tetap sesuai dengan anggaran Anda.

3. Mulai Lebih Awal dan Cari Diskon

Salah satu strategi terbaik untuk belanja hemat adalah dengan memulainya lebih awal. Anda bisa membeli ketika periode diskon seperti di tanggal kembar atau event Harbolnas.

4. Buat Proyek DIY

Baik itu kue buatan sendiri, album buatan tangan, playlist khusus, dan hadiah buatan sendiri ternyata memiliki nilai yang sentimental dibandingkan barang yang dibeli di toko. 

Selain itu, proses pembuatan barang hadiah ini sering kali bisa menjadi bagian pengalaman liburan yang tak kalah menyenangkan.

5. Hadiah Pengalaman

Terkadang, pemberian hadiah terbaik bukanlah berwujud benda, tapi pengalaman. Anda bisa memberikan hadiah kepada saudara atau teman Anda voucher atau biaya untuk kelas memasak, keanggotaan museum, atau jalan-jalan di suatu atraksi lokal yang lebih berdampak dan berkesan dibandingkan hadiah fisik.

Itu tadi beberapa cara membeli hadiah Natal dengan hemat. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories