Cara Liburan Hemat Tanpa Habiskan Banyak Biaya

Cara Liburan Hemat Tanpa Habiskan Banyak Biaya (Freepik.com/Jcomp)

JAKARTA - Tidak terasa libur Natal dan Tahun Baru tinggal menghitung hari lagi. Anda tentu sudah menyiapkan berbagai rencana untuk menyambut liburan ini.

Salah satu cara menikmati libur panjang Natal dan Tahun baru ini adalah dengan liburan ke berbagai daerah wisata. Namun, bagi Anda yang sedang berhemat Anda tidak perlu khawatir.

Pasalnya, menjelajahi berbagai destinasi wisata ternyata tidak harus menghabiskan banyak uang. Anda bisa melakukannya dengan menerapkan berbagai tips sebagai berikut.

Cara Liburan Hemat Tanpa Habiskan Tabungan

1. Buat Rencana

Bepergian atau traveling secara spontan memang suatu hal yang menyenangkan, jika Anda punya banyak waktu dan uang. 

Anda memang tidak memerlukan rencana perjalanan yang ketat setiap jamnya, tapi setidaknya Anda harus memiliki gambaran tentang berapa lama Anda menghabiskan waktu di setiap destinasi wisata, rute perjalanan, dan makanan yang Anda konsumsi.

Hal tersebut penting untuk jadi bahan pertimbangan untuk mengurangi peluang meningkatnya pengeluaran tidak terduga.

2. Fleksibel Terhadap Akomodasi yang Ada

Jika Anda menginginkan pengalaman mengunjungi ke destinasi wisata, mungkin Anda bisa tidak memesan kamar hotel mahal dan memilih untuk tidur di hostel. Berbagi kamar di hostel akan memudahkan Anda untuk hemat.

Selain itu, Anda juga bisa menyiasatinya dengan liburan bersama keluarga atau teman. Dengan begitu, Anda bisa patungan untuk membayar biaya penginapan tersebut.

3. Packing dengan Benar

Pastikan Anda sudah membawa semua yang Anda butuhkan sehingga ketika di tempat tujuan Anda tidak perlu lagi berbelanja kebutuhan selain oleh-oleh. Ketika Anda pergi, bawalah setidaknya satu celana jeans panjang, hoodie hangat, dan jaket tahan air untuk menghadapi cuaca yang tidak terduga.

4. Manfaatkan Transportasi Umum

Saat ini layanan ojek online memang sudah banyak tersedia di berbagai kota. Namun, jika tempat wisata tujuan Anda memiliki moda transportasi umum yang baik, Anda bisa memanfaatkannya karena biaya transportasinya tentu jadi jauh lebih murah.

5. Jangan Habiskan Uang Anda

Makan siang yang murah saat liburan dapat dibeli di supermarket atau bahkan pasar makanan segar setempat daripada di kafe atau restoran mahal. Jika Anda ingin lebih hemat, Anda bisa menggunakan dapur yang mungkin disediakan oleh hostel tempat Anda menginap.

Itu tadi cara hemat liburan tanpa menghabiskan banyak uang. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories