Cara Mengubah Video YouTube Durasi Panjang Menjadi Pendek untuk Shorts

Cara Mengubah Video YouTube Durasi Panjang Menjadi Pendek untuk Shorts (Freepik.com/ijeab)

JAKARTA - Sejak dirilisnya YouTube Shorts, para content creator dengan cepat mengubah format video panjang mereka menjadi klip yang lebih pendek.

Bagi para YouTuber, adanya YouTube Shorts ini dapat menjadi suatu cara yang bagus untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Hal ini karena mengingat banyaknya waktu yang dibutuhkan para kreator untuk memfilmkan dan memproduksi karyanya, sehingga efisiensi jadi sangat penting.

Oleh karena itu, YouTube Shorts cukup disukai, karena lebih sederhana, terdapat alat pembuatan YouTube Shorts yang menyediakan musik, efek, bahkan teks. Platform YouTube Shorts ini juga mengizinkan untuk mengunggah video berdurasi maksimum 15 sampai 60 detik.

Cara Mengubah Video Format Panjang Menjadi Pendek untuk YouTube Shorts

Cara paling mudah untuk mengubah video berformat panjang menjadi video pendek adalah dengan menggunakan fitur di YouTube yaitu ‘Edit into a Short. 

Cara memulainya, yaitu buka aplikasi YouTube, setelah itu pilih ikon Library yang berlokasi di kanan bawah. Pilih ikon Your Video di dekat bagian atas. kemudian, arahkan ke video yang diinginkan lalu pilih.

Layar sekarang akan menampilkan video dan beberapa pilihan pada menu di bawah. Selanjutnya, pilih ikon Create, pilih Edit into a Short di bagian atas. 

Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda bisa memotong video menjadi beberapa segmen berdurasi total hingga 60 detik. Selanjutnya, Anda bisa mengedit video Shorts dengan menambahkan filter dan rekaman tambahan dengan kamera atau video yang telah diimpor selama keseluruhan klip tidak lebih dari 60 detik.

Ketika semua langkah pengeditan selesai, ketuk Next di kanan atas. Tambahkan judul dan caption untuk video tersebut. Jangan lupa untuk memilih opsi lain yang diperlukan sebelum klik Upload Short.

Cara Ubah Video yang Sudah Ada Jadi Video Shorts YouTube

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengubah video YouTube asli berdurasi panjang menjadi video pendek. Pertama, konten yang lebih panjang haruslah karya asli Anda.

Selanjutnya, konten video tidak boleh yang sudah di-private atau dibuat pribadi atau memiliki opsi ‘Made for kids’. Jika salah satu hal ini ada, maka ikon ‘Create’ tidak akan muncul di menu.

Jika tidak ada masalah, Anda bisa melakukan beberapa tahapan berikut ini.

  1. Buka halaman watch page video Anda.
  2. Ketuk Remix lalu klik Edit into a Short untuk membuka menu pembuatan video Shorts.
  3. Pilih video Anda yang berdurasi maksimal 60 detik, lalu ketuk Next untuk menambahkan sentuhan kreatif seperti teks atau filter sebelum Anda mengupload video Shorts Anda.

Itu tadi cara mengubah video format panjang di YouTube menjadi format pendek untuk YouTube Shorts. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories