5 Web Browser yang Diklaim Aman dari Pencurian Data

5 Web Browser yang Diklaim Aman dari Pencurian Data (Istimewa)

JAKARTA— Meningkatnya penggunaan internet, membuat keamanan data pribadi kita turut menjadi hal yang harus diperhatikan. Masalah penyalahgunaan data pribadi yang terus terjadi membuat keamanan berselancar di internet makin menjadi perhatian. Salah satu hal krusial yang menentukan keamanan data adalah pemilihan situs berselancar atau web browser. 

Pemakaian web browser dengan keamanan maksimal dapat mencegah potensi masuknya virus atau malware yang bisa membahayakan data pribadi. Berikut sejumlah rekomendasi web browser paling aman untuk berinternet, diolah dari berbagai sumber, Sabtu, 16 Desember 2023. 

Rekomendasi Web Browser yang Aman dari Pencurian Data

1. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan browser yang familiar di kalangan pengguna internet di Indonesia. Selain populer, Firefox ternyata adalah browser yang relatif aman untuk berinternet. 

Hal ini karena Firefox memiliki fitur seperti mode penjelajahan pribadi, pemblokiran cookie pihak ketiga, pemblokiran sidik jari, pengelola kata sandi bawaan hingga peringatan situs web yang dilanggar. Statusnya sebagai organisasi nirlaba membuat Mozilla Foundation juga tidak memiliki intensi untuk menjual data pribadi.

2. Brave

Salah satu browser yang belakangan melesat adalah Brave. Browser bikinan pencetus JavaScript, Brendan Eich, itu mewujudkan privasi total saat berselancar internet. Brave punya fitur keamanan bawaan yang lebih lengkap dibanding pesaing seperti Chrome dan Safari. 

Brave juga memiliki fitur perutean jaringan internet, pemblokiran pelacak lintas situs hingga tidak mengenal kumpilan alamat IP. Browser ini pun punya adblocker yang dapat menghentikan pemasar melacak aktivitas online pengguna.

3. DuckDuckGo

DuckDuckGO menjadi salah satu web browser handal untuk berselancar dengan telepon seluler. Namun browser ini juga menyediakan aplikasi untuk desktop dan Chrome. DuckDuckGo dapat memastikan data Anda tidak akan pernah dibobol lewat pemblokiran iklan bawaan dan mode pencarian pribadi. 

4. Tor

Tor atau The Onion Router merupakan browser kelas wahid untuk melindungi data pribadi dari pelacakan dan pengawasan. Tor menggunakan ekstensi perangkat lunak NoScript untuk menghapus lalu lintas web sebelumnya. 

Hal itu untuk memastikan jejak riwayat penelusuran Anda tercakup. Tor juga memakai koneksi internal yang membuat pengguna terhubung satu sama lain untuk mengakses server.

5. Epic 

Epic merupakan web browser yang menawarkan keamanan dengan pemblokiran iklan, sidik jari, pelacak hingga penambangan kripto. Epic merutekan semua lalu lintas web lewat server proxy yang secara otomatis memblokir pelacak dan cookie. 

Pemakaian Epic dapat memastikan data Anda dienkripsi dan disembunyikan dari Google, pemerintah, perusahaan, dan ratusan pengumpul data lainnya. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 16 Dec 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories