3 Strategi Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda

3 Strategi Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda (Freepik)

JAKARTA - Suka menunda adalah suatu kebiasaan yang buruk. Bahkan, kebiasaan menunda-nunda telah lama mendapat stigma sebagai ciri kepribadian orang malas.

Meski ada dampak negatif dari kebiasaan menunda, banyak dampak negatif yang dirasakan banyak orang tidak sebanding dengan perasaan positif dari penundaan tersebut.

Oleh karena itu, sebelum Anda terjebak dalam kebiasaan menunda-nunda secara terus menerus, simak langkah-langkah mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda

1. Rencanakan Pekerjaan Anda

Tanpa perencanaan yang matang, Anda mungkin akan dengan mudah terganggu oleh suatu objek terbaru yang tampak menarik dan mencoba menyimpang dari tugas yang seharusnya Anda kerjakan terlebih dahulu.

Untuk mengatasinya, cobalah rencanakan hari Anda dan prioritaskan apa yang perlu diselesaikan. Dengan cara seperti itu, Anda dapat menghindari kebiasaan menunda.

2. Buat jadwal

Jagalah disiplin Anda dengan menjadwalkan jam-jam tertentu untuk mengerjakan proyek Anda, sama seperti Anda menjadwalkan janji temu atau komitmen penting lainnya.

Anda bisa mencoba metode time-block yang membantu Anda membagi hari berdasarkan tugas dan memblokir jam yang diperlukan untuk setiap tugas yang ada di kalender Anda. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa proyek yang mungkin Anda tunda telah dijadwalkan.

3. Singkirkan Gangguan

Ketika seseorang menunda-nunda suatu hal, sering kali mereka melakukannya dengan menyibukkan diri dengan hal lain. Jika ada gangguan tertentu seperti smartphone atau camilan manis, Anda bisa mencoba menjauhkannya dari meja atau area kerja Anda.

Jika email pribadi, chat, atau media sosial termasuk di antara gangguan yang dapat membuat Anda menunda-nunda, tutuplah program dan aplikasi tersebut saat tiba waktunya untuk melakukan pekerjaan Anda.

Jika pekerjaan Anda penting bagi Anda dan Anda ingin sukses, penting untuk segera menghentikan kebiasaan menunda-nunda sebelum hal itu merusak kehidupan profesional Anda. 

Itu tadi cara mengatasi kebiasaan suka menunda yang harus Anda lakukan. Selamat mencoba.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories