4 Ciri-ciri Anda Sering Menunda Pekerjaan di Kantor

4 Ciri-ciri Anda Sering Menunda Pekerjaan di Kantor (Freepik)

JAKARTA - Procrastination atau menunda melakukan pekerjaan terjadi saat Anda tidak merasa termotivasi untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu. Bahkan, Anda mungkin punya alasan menunggu untuk memulai.

Meski kebiasaan menunda-nunda ini tampak tidak berbahaya, menunda mengerjakan pekerjaan penting dan tidak memenuhi kebutuhan perusahaan atau klien dapat merugikan karier Anda jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini karena kebiasan menunda pekerjaan dapat menimbulkan dampak negatif, seperti menyebabkan Anda melewatkan deadline, mengakibatkan kegagalan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan Anda, dan Anda juga meraih label atau dicap sebagai seorang yang memiliki kinerja buruk.

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa Anda suka menunda-nunda sampai Anda mendapatkan dampaknya. Namun, ada baiknya jika Anda mulai mengetahuinya dari sekarang.

Ciri-ciri Anda Suka Menunda Mengerjakan Pekerjaan

1. Menghindari Mengerjakan Tugas

Jika Anda terus mencari cara untuk menghindari mengerjakan suatu tugas penting, Anda mungkin memang seorang procrastinator atau orang yang suka menunda-nunda.

Bisa jadi, Anda justru hanya secara kompulsif memeriksa feed di media sosial untuk mengalihkan perhatian dari daftar tugas, mengirim chat ke teman daripada mulai membuat laporan, atau memutuskan untuk mencuci baju daripada menelepon klien.

2. Selalu Panik Saat Menit-menit Terakhir

Ketika Anda selalu kehabisan waktu untuk memenuhi deadline dan bekerja dalam keadaan panik, kemungkinan besar Anda adalah orang yang suka menunda-nunda. 

Apakah Anda selalu terburu-buru di menit-menit terakhir untuk menyelesaikan tugas dan menyerahkan pekerjaan pada waktunya? Jika Anda terus-menerus mempersingkat waktu yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan dengan benar, mungkin Anda memang selalu menunda-nunda.

3. Sering Diingatkan oleh Rekan Kerja atau Atasan

Jika atasan dan rekan kerja Anda terus-menerus mengirimkan reminder, Anda mungkin memang terlalu sering menunda-nunda. Jika Anda tidak menyerahkan pekerjaan kepada kolega Anda sesuai dengan harapan mereka, kemungkinan besar penyebabnya adalah karena kebiasaan menunda.

4. Banyak Distraction atau Gangguan

Saat Anda menunda-nunda, bersih-bersih tiba-tiba terasa sangat menarik. Jika Anda lebih suka melakukan hampir semua hal selain pekerjaan mendesak yang sedang Anda hadapi, termasuk tugas membosankan di kantor, Anda mungkin terjebak dalam kebiasaan suka menunda mengerjakan pekerjaan.

Itu tadi ciri-ciri bahwa Anda suka menunda mengerjakan pekerjaan.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories