Mantap! Pelita Air Buka Rute Jakarta-Sorong Nonsetop

Mantap! Pelita Air Buka Rute Jakarta-Sorong Nonsetop ((Foto: Pelita Air))

JAKARTA - Maskapai Pelita Air dikabarkan membuka rute penerbangan baru langsung (nonsetop) dari Jakarta tujuan Sorong, Papua. Rute Jakarta-Sorong ini menjadi destinasi ke-10 Pelita Air setelah sebelumnya membuka rute ke berbagai kota seperti Yogyakarta, Bali, Surabaya, Padang, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Pontianak, dan Banjarmasin.

“Kami sangat gembira dapat meluncurkan rute penerbangan non-stop Jakarta – Sorong. Ini adalah langkah penting bagi kami dalam mendukung pertumbuhan konektivitas di wilayah Indonesia Timur,” kata, Direktur Utama PT Pelita Air Service Dendy Kurniawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu 6 Desember 2023.

Dendy mengatakan bahwa pembukaan penerbangan nonstop dari Jakarta tujuan Sorong ini tidak hanya mendukung konektivitas tetapi juga merupakan komitmen Pelita Air untuk mendukung industri pariwisata di Indonesia. Penerbangan tersebut juga sekaligus bertujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan pariwisata di wilayah timur Indonesia yang kaya akan keindahan alamnya.

Selain itu, penerbangan langsung dari Jakarta ke Sorong juga mendukung kenyamanan dan efisiensi bagi pelanggan sebagai sebuah kebutuhan yang dipahami oleh maskapai BUMN ini. 

Penerbangan langsung ini dapat mengurangi waktu tempuh dan memungkinkan penumpang untuk tiba di destinasi mereka lebih cepat. Dengan begitu, lebih banyak waktu untuk menikmati liburan atau melakukan bisnis melalui perjalanan tanpa henti tersebut.

Sorong dipilih sebab memiliki potensi luar biasa dengan keindahan alamnya yang belum terjamah, termasuk kekayaan bawah lautnya yang luar biasa. “Kami berharap bahwa rute baru ini akan membuka lebih banyak pintu untuk wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan Sorong dan sekitarnya,” harap Dendy.

“Semoga dengan adanya Rute Penerbangan Pelita Air ke Sorong, kami dapat memenuhi dahaga para wisatawan Indonesia yang ingin berwisata atau liburan,” lanjutnya. Terlebih saat ini tengah memasuki peak season Natal dan Tahun Baru sehingga akan banyak wisatawan berlibur. 

Peluncuran penerbangan langsung Jakarta-Sorong dilakukan oleh jajaran manajemen Pelita Air di Bandar Udara Domine Eduard Osok (SOQ). Seremoni dilakukan dengan pemotongan pita dan pengalungan bunga kepada perwakilan penumpang perdana penerbangan Jakarta-Sorong-Jakarta.

Armada yang dipergunakan Maskapai Pelita Air  dalam rute penerbangan ke-10 itu menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 kapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau Silver Class. Layanan penerbangan reguler rute Jakarta–Sorong–Jakarta dioperasikan regular setiap hari dengan frekuensi satu kali penerbangan.

Adapun jadwal keberangkatan pesawat Pelita Air di rute tersebut yaitu sebagai berikut: Jakarta-Sorong pukul 00.50 WIB dan tiba pukul 06.50 WIT, Sorong -Jakarta 07.40 WIT dan tiba 09.35 WIB.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 07 Dec 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories