5 Cara Mudah Usir Tikus dari Rumah

Sederhana, Berikut Tips Mengusir Tikus dari Rumah (Istimewa)

JAKARTA - Setiap orang tentu ingin rumah selalu dalam keadaan yang bersih dan rapi. Hal ini karena kebersihan juga mendukung kesehatan para penghuninya. Namun, salah satu masalah yang sering muncul di rumah adalah persoalan hama seperti tikus.

Tikus kerap menjadi permasalahan serius bagi pemilik rumah. Hewan pengerat ini berpotensi menyebabkan sejumlah masalah yang merugikan. Mulai dari masalah kesehatan, kerusakan properti dan barang-barang di rumah hingga menyebabkan ketidaknyamanan. 

Tikus memiliki siklus reproduksi yang cepat. Satu pasangan tikus dapat dengan cepat berkembang menjadi populasi besar dan semakin mengganggu kenyamanan tinggal di rumah Anda. 

Oleh karena itu, simak beberapa cara mengusir tikus dari rumah berikut ini.

Cara Mengusir Tikus dari Rumah

1. Jaga Kebersihan 

Rumah yang kotor sangat mudah memancing tikus untuk datang. Untuk itu usahakanlah untuk selalu menjaga kebersihan rumah utamanya di area dapur dan tempat menyimpan makanan. 

Bersihkan sisa makanan dan sisa-sisa makanan secara teratur. Jika memungkinkan simpan makanan dalam wadah kedap udara atau kemasan yang rapat. 

2. Tutup Lubang dan Celah yang Ada di Rumah Anda 

Periksa semua lubang dan celah-celah yang memungkinkan tikus masuk ke rumah Anda baik di dinding, lantai, dan atap. Tikus dapat masuk bahkan melalui celah yang sangat kecil. Untuk itu pastikan pintu dan jendela selalu tertutup rapat. 

3. Hilangkan Area yang Berfungsi Sebagai Tempat Persembunyian Tikus 

Kurangi atau hilangkan tumpukan barang di sekitar rumah yang dapat menjadi tempat persembunyian bagi tikus. Area-area ini biasanya ada di gudang, halaman belakang, dan area-area yang berisi tumpukan kayu, semak-semak atau tumpukan benda lain yang dapat menjadi tempat persembunyian. 

4. Gunakan Lem Tikus dan Perangkap Tikus 

Pasang lem tikus atau perangkap tikus di area yang dicurigai sebagai jalur pergerakan tikus. Tempat-tempat ini biasanya ada di sudut dapur atau area penyimpanan makanan.

5. Pelihara Kucing atau Anjing

Kucing adalah pemburu alami tikus. Jika memungkinkan, pelihara kucing sebagai penjaga rumah. Hewan peliharaan lain seperti anjing juga dapat membantu mencegah tikus masuk ke rumah.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai tips mengusir tikus dari rumah. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 16 Dec 2023 

Editor: Redaksi
Tags rumahhamatikusBagikan

Related Stories