BUMN Gandeng Microsoft Tingkatkan Keamanan dan Maksimalkan Peran AI

BUMN Gandeng Microsoft Tingkatkan Keamanan dan Maksimalkan Peran AI (null)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dikabarkan telah memberikan dukungan penuh terhadap kolaborasi strategis antara Grup BUMN dan Microsoft. Kolaborasi yang dilakukan ini bertujuan untuk mempercepat dan meluaskan langkah transformasi digital di ekosistem BUMN dengan memanfaatkan solusi Office 365 dilingkungan BUMN.

Framework Agreement antara Forum Digital BUMN (Fordigi BUMN) dan Microsoft ditandatangani pada Senin, 18 Desember 2023, di Seattle, Amerika Serikat. Tujuan dari skema kolaborasi ini adalah untuk meningkatkan keamanan data dan memaksimalkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pengelolaan bisnis BUMN.

Melalui kemitraan antara Frodigi BUMN dengan Microsoft, lebih dari 800 perusahaan yang tergabung di bawah payung BUMN, dengan lebih dari 1 juta karyawan, diarahkan menuju terobosan besar dalam ranah transformasi digital.

Pembina dari Frodigi BUMN, Tedi Bharata,  menjelaskan bahwa langkah ini merupakan bagian integral dari arahan Menteri BUMN, Erick Thohir. Erick menekankan pentingnya teknologi dan transformasi digital di seluruh lingkungan BUMN.

“Kepemimpinan teknologi dan transformasi digital di ekosistem BUMN merupakan fondasi untuk kekuatan dan kemajuan"  ujar Tedi, dilansir siaran pers, Selasa, 19 Desember 2023.

Dengan lebih dari 800 perusahaan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia di bawah payung Grup BUMN, fokus utama saat ini adalah memastikan bahwa seluruh entitas perusahaan BUMN, termasuk anak perusahaan yang tersebar di berbagai daerah, mendapatkan dukungan seragam dan merata dalam proses transformasi digital yang sedang berlangsung.

Kemitraan ini dianggap sebagai pondasi dalam mewujudkan visi transformasi digital yang inklusif dan berinovasi di segala sektor yang dikelola oleh BUMN. 

Pendekatan ini sepenuhnya sejalan dengan komitmen yang ditekankan oleh Erick untuk membangun landasan teknologi yang solid, yang akan menjadi pilar kuat dalam mendukung kemajuan dan pertumbuhan bangsa secara keseluruhan. 

Dengan memperluas cakupan transformasi digital secara merata di seluruh lapisan BUMN, upaya ini bertujuan untuk memastikan bahwa manfaat teknologi tersedia bagi semua entitas BUMN, memberikan kesempatan yang sama dalam mengadopsi inovasi serta meningkatkan daya saing perusahaan di era digital saat ini.

Kolaborasi strategis ini diharapkan dapat memperkuat keamanan data serta memberikan dampak positif dalam pengoptimalan pengelolaan bisnis BUMN melalui kecerdasan buatan. Ini menjadi langkah awal yang menjanjikan menuju masa depan yang lebih terhubung dan berinovasi di sektor BUMN.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 19 Dec 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories