Miliki Prodi Unggul dan Profesor Terbanyak, Unwar Terima Penghargaan LLDIKTI VIII Awards 2023

Unwar terima penghargaan dari LLDIKTI Wilayah VIII. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Universitas Warmadewa (Unwar) meraih 11 penghargaan pada ajang LLDIKTI VIII Awards tahun 2023. Dua di antaranya adalah penghargaan sebagai perguruan tinggi swasta dengan Jumlah Program Studi Unggul atau Akreditasi A Terbanyak Tahun 2022 dengan jumlah sebanyak tujuh program studi dan profesor (guru besar) terbanyak.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII. Adapun penghargaan bertajuk “Apresiasi Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI VIII Bali-NTB” itu diberikan di Aula Gedung LLDIKTI Wilayah VIII di Denpasar, Kamis 14 Desember 2023.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Pengabdian kepada Masyarakat Unwar, Dr. dr. Dewa Ayu Putri Sri Masyeni, Sp.PD-KPTI., merinci 11 penghargaan yang diterima oleh perguruan tinggi tersebut. Kesebelas penghargaan tersebut meliputi Perguruan Tinggi Swasta yang Proaktif dalam Pelayanan Tahun 2023; Perguruan Tinggi Swasta yang Menghasilkan Profesor Terbanyak Tahun 2023; dan Perguruan Tinggi dengan Partisipasi Terbanyak dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2023-liga 2 sebanyak 3 proposal.

Selanjutnya ada Perguruan Tinggi dengan Pelaporan Simkatmawa Terbanyak Tahun 2022 sebanyak 211 laporan; Perguruan Tinggi dengan Partisipasi Terbanyak dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022; Perguruan Tinggi dengan Pendanaan Hibah Penelitian Fundamental Reguler Terbanyak; dan Perguruan Tinggi dengan Dana Hibah Penelitian Tesis Magister Terbanyak.

Baca Juga:

Penghargaan kedelapan yang diterima Unwar adalah sebagai Perguruan Tinggi dengan Pendanaan Hibah Pengabdian kepada Masyrakat Pemberdayaan Berbasih Kewirausahaan Terbanyak; Perguruan Tinggi dengan Pendanaan Hibah Pengabdian kepada Masyarakat Pemberdayaan Berbasis Masyarakat Terbanyak; Perguruan Tinggi dengan Pendanaan Hibah Penelitian Lanjutan Terbanyak; dan Perguruan Tinggi Swasta dengan Jumlah Program Studi Unggul atau A Terbanyak Tahun 2022.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, M.P., mengucapkan selamat dan apresiasi kepada segenap civitas akademika atas raihan prestasi tersebut. Sebelas penghargaan yang didapatkan Unwar juga disebut sebagai bukti mutu dari Unwar sebagai universitas swasta ternama di Bali. “Hari ini kami menerima 11 penghargaan dari 50 kategori penghargaan yang diberikan LLDIKTI Wilayah VIII. Unwar merasa bangga karena raihan ini menjadi penyemangat kami,” katanya.

Suranaya Pandit mengaku bangga karena dua dari 11 penghargaan yang diterima termasuk sangat spektakuler dalam hal Tri Darma Perguruan Tinggi. Dua penghargaan yang dimaksud adalah capaian penghargaan prodi dengan akreditasi Unggul atau A terbanyak dan capaian guru besar terbanyak.

“Ini (penghargaan akreditasi prodi Unggul terbanyak, red) adalah suatu prestasi yang luat biasa, karena Unwar sendiri sebagai perguruan tinggi juga akan melangkah ke Unggul. Kedua yang tidak kalah penting raihan predikat akademik guru besar terbanyak di LLDIKTI VIII. Tahun ini 4 orang guru besar diraih di LLDIKTI VIII. Ini sangat membanggakan, selain pernghargaan di bidang riset dan yang lainnya,” katanya.

Ke depan, ia mengatakan bahwa akan terus melakukan mengevaluasi terhadap kinerja institusi sehingga semakin baik. Pada tahun depan, pihaknya menarget ada peningkatan penghargaan yang dapat diraih. “Tahun depan kita harapkan bisa meningkat dari 11 (penghargaan, red). Mungkin menjadi 20 atau 25 penghargaan. Kita akan coba diskusikan, bagaimana strateginya untuk meningkatkan capaian 11 jadi 20-25 itu,” katanya.

Baca Juga:

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. Ir. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., MT., IPU Asean Eng , APEC. Eng., menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama serta prestasi yang banyak diraih okeh Perguruan Tinggi dilingkungan LLDIKTI Wilayah VIII untuk tahun 2023.

“Raihan Program MBKM, PKM, serta capain guru besar yang meningkat di tahun ini menjadi kado terindah untuk LLDIKTI Wilayah VIII. Raihan ini tidak terlepas dari koordinasi, kerja sama, serta hubungan harmonis seluruh perguruan tinggi,” katanya.

Namun, ia melanjutkan, saat ini masih ada beberapa permasalahan yang harus kita sikapi bersama demi meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya yakni peningkatan SDM tenaga pendidik di seluruh perguruan tinggi. “Peningkatan ini membutuhkan beberapa proses untuk menjaring dan mempertahankan tenaga pendidik yang berkualitas. Selain permasalahan SDM, peningkatan yang diharapkan di tahun berikutnya adalah hibah penelitian dan pengbadian kepada masyarakat yang meningkat serta peran aktif perguruan tinggi yang meningkat untuk Program MBKM,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana
Tags unwarBagikan

Related Stories