Cara Mengaktifkan Stolen Device Protection di iPhone

Cara Mengaktifkan Stolen Device Protection di iPhone (Freepik.com/msgrowth)

JAKARTA - Sebuah laporan dari WSJ menunjukkan bahwa terjadi lonjakan pencurian ponsel. Seperti yang dilansir dari Gizchina pada 27 Desember 2023, pencuri menggunakan taktik yang lebih cerdas dari sebelumnya untuk mendapatkan perangkat atau ponsel dari korban.

Menanggapi adanya kasus tersebut, Apple telah memperkenalkan fitur Stolen Device Protection di iPhone. Stolen Device Protection adalah fitur keamanan penting yang saat ini tersedia di iOS 17.3 beta.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur Stolen Device Protection untuk melindungi perangkat iPhone yang telah dicuri? Berikut penjelasannya.

Mekanisme Stolen Device Protection di iPhone

Stolen Device Protection adalah suatu fitur keamanan yang terintegrasi ke dalam iOS 17.3. Apple merancang fitur ini untuk mengatasi meningkatnya masalah pencurian iPhone.

Fitur ini bertindak sebagai lapisan pertahanan sekunder dan akan berlaku ketika pencuri mendapatkan akses ke passcode iPhone.

Fitur ini tetap tidak aktif jika iPhone dicuri atau di tangan yang salah tanpa passcode. Namun, ketika menggunakan passcode, fitur ini akan aktif dan dengan segera melindungi perangkat Anda.

Saat diaktifkan, fitur ini menerapkan langkah-langkah keamanan ekstra, seperti Face ID  yang merupakan suatu keharusan untuk melihat password yang disimpan, pengaturan pribadi tertentu, dan beberapa fungsi tidak akan bekerja saat iPhone berada di lokasi yang asing.

Cara Mengaktifkan Stolen Device Protection di iOS 17.3

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone Anda.
  2. Gulir atau scroll ke bawah dan ketuk Face ID & Passcode.
  3. Masukkan kode sandi atau passcode Anda untuk mengakses pengaturan.
  4. Di bawah fitur Stolen Device Protection ketuk Turn On Protection.

Setelah diaktifkan, iPhone Anda mendapatkan fitur keamanan tambahan. Fungsi keamanan tambahan ini memerlukan otentikasi biometrik untuk tindakan sensitif, dan banyak fitur yang tidak aktif di lokasi asing.

Itu tadi cara mengaktifkan fitur Stolen Device Protection agar iPhone Anda tetap aman meski dicuri.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories