Ternyata Ini Rahasia Umur Panjang Mantan Presiden AS Jimmy Carter

Selasa, 08 Oktober 2024 16:55 WIB

Penulis:Redaksi

Editor:Redaksi

Ternyata Ini Rahasia Umur Panjang Mantan Presiden AS Jimmy Carter
Ternyata Ini Rahasia Umur Panjang Mantan Presiden AS Jimmy Carter (web.facebook.com/presidentjimmycarter)

JAKARTA – Jimmy Carter, yang sempat menjabat sebagai presiden Amerika Serikat (AS) ke-39 dari 1977 hingga 1981, telah meraih pencapaian luar biasa dengan menjadi mantan Presiden AS pertama yang mencapai usia 100 tahun.

Tidak pernah menyangka untuk hidup lebih lama, perjalanan Carter yang panjang dan termasyhur mengingatkan kita akan pentingnya menjalani kehidupan yang memuaskan dan bermakna.

James Earl Carter, yang lahir pada 1 Oktober 1924 di Plains, Georgia, dibesarkan di sebuah pertanian seluas 360 hektar milik orangtuanya. Selama hidupnya, ia menjalani berbagai profesi, termasuk sebagai petani kacang, anggota awak kapal selam angkatan laut, gubernur, presiden, dan pekerja kemanusiaan.

Ia menjalani hidup dengan tujuan yang memberikan kebahagiaan, didukung oleh pasangannya yang selalu berada di sisinya dalam suka dan duka.

Pada tahun 2019, ia mengatakan kepada People Magazine bahwa ia tidak pernah menyangka akan hidup selama ini. “Sulit untuk hidup sampai Anda berusia 95 tahun.”

Carter juga mengalami masalah kesehatan setelah selamat dari kanker dan serangkaian insiden. Ia dirawat di rumah sakit pada bulan Februari 2023, dan kehilangan istri tercintanya Rosalynn pada bulan November 2023.

“Saya menjalani hidup yang lengkap, saya punya ribuan teman, jadi saya merasa sangat tenang, jauh lebih tenang daripada istri saya,” ungkapnya.

Lalu, apa yang menjadikan Jimmy Carter dapat hidup hingga satu abad? Yuk, simak artikel berikut!

Rahasia Jimmy Carter untuk Berumur Panjang

Dilansir dari Times of India, berikut rahasia Jimmy Carter untuk hidup panjang dan bahagia:

Cinta dan Persahabatan

Carter merasa menikahi pasangan terbaik membantunya menjalani hidup yang panjang dan bahagia. Rosalynn dan Carter memiliki ikatan kuat yang membuat mereka terus bertahan. Mereka menikah selama 77 tahun.

Ia pernah berbagi dengan majalah People. “Menurut saya penjelasan terbaik untuk umur panjang adalah menikahi pasangan terbaik, seseorang yang akan merawat Anda dan terlibat serta melakukan hal-hal yang menantang Anda dan membuat Anda tetap hidup dan tertarik pada kehidupan.”

Rasa Tujuan dan Kemanusiaan yang Kuat

Memiliki pasangan yang penuh kasih saying merupakan nilai tambah dalam hal umur panjang. Bersama pasangan, Carter berdedikasi pada suatu tujuan melipatgandakan pada satu tujuan hidup.

Carter dan istrinya terlibat aktif dalam kegiatan komunitas di sekitar mereka. Menurut Today, mereka membantu membangun, merenovasi, dan memperbaiki lebih dari 4.300 rumah di 14 negara sambil menjadi relawan untuk Habitat for Humanity, pekerjaan yang membuat mantan presiden itu sangat gembira.

Mempelajari Hal-hal Baru

Carter adalah seorang petualang yang gemar melakukan perjalanan jauh dan menuliskan pengalamannya. Bersama istrinya, ia mendirikan Carter Center di Atlanta untuk memajukan hak asasi manusia dan meringankan penderitaan manusia.

Ia juga berusaha untuk mempelajari hal-hal baru, seperti ski lereng yang telah ia pelajari sejak berusia 62 tahun, ungkap istrinya dalam sebuah wawancara untuk buku What Makes a Marriage Last.

“Jimmy Carter tidak hanya ingin mempelajari sesuatu, ia ingin melakukannya,” kata Rosalynn.

Kegigihan

Carter pernah membagikan cerita mengenai ketekunan dan makna hidup. Ia berpendapat, untuk bertahan dari penyakit yang menakutkan seperti kanker, kehilangan pasangan, dan perawatan di rumah sakit, diperlukan ketahanan mental yang kuat.

Persahabatan, ikatan keluarga yang dekat, dan pernikahan yang penuh kasih memainkan peran penting dalam hidupnya yang panjang dan penuh kegembiraan.

Terlepas itu, penampakan foto terbaru Carter yang merayakan momen bahagia ulang tahunnya yang ke-100 bersama teman-teman dan keluarganya adalah pengingat betapa pentingnya terlibat dan terhubung dengan orang-orang di sekitar Anda serta menghargai hal-hal kecil dalam hidup.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 06 Oct 2024