Tongkat Komando Dandim 1626/Bangli Beralih

Upacara pisah-sambut Dandim 1626/Bangli, Rabu, 9 Maret 2022. (Istimewa)

Bangli, Balinesia.id – Tongkat komando Komandan Kodim (Dandim) 1626/Bangli secara resmi beralih, Rabu, 9 Maret 2021. Kini, tongkat komando Kodim 1626/Bangli resmi dipegang Letkol Arh Sutrisno, S.Sos., setelah ditinggalkan Letkol Inf. I Putu Gde Suwardana, S.I.P., yang akan menduduki posisi baru sebagai Kasdim 1604/Kupang.

Acara pisah-sambut Dandim 1626/Bangli dilakukan di Lapangan Makodim Bangli, Bangli. Dalam kegiatan tersebut tampak hadir Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, S.E. didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, S.ST Par.; Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, S.H., dan pejabat terkait di lingkungan Pemkab Bangli.

Dalam sambutan perpisahannya, Letkol Inf. I Putu Gde Suwardana, mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen pemerintah serta masyarakat Bangli selama dirinya bertugas. Pihaknya pun merasa bangga sempat melihat perkembangan pembangunan Bangli yang tengah melesat. 

Baca Juga:

“Saya merasa terhormat bisa melihat progress pembangunan Kabupaten Bangli yang saya pikir sangat luar biasa. Bangli bukan hanya berlari, tapi melompat jauh tinggi dan jauh ke depan. Mudah-mudahan nanti saya juga diberikan umur panjang dan rezeki, mungkin saya bisa nanti mampir ke sini lagi melihat apa lagi yang baru di Kabupaten Bangli,” katanya.

Perwira TNI berpangkat melati dua ini menilai Kabupaten Bangli memiliki beragam potensi yang masih bisa digali dan dieksploitasi untuk kemajuan Kabupaten Bangli dan ksesejahteraan masyarakatnya. Suwardana pun berharap Dandim 1626/Bangli yang baru dapat lebih bersinergi dalam menjalankan tugas.

“Saya mohon maaf apabila ada tutur kata, tindak-tanduk atau mungkin sikap perilaku kami yang kurang berkenan selama bertugas di Kabupaten Bangli. Mohon maaf, mohon dimaafkan karena mungkin itulah keterbatasan kami dan kami mohon doa restu, pada hari ini kami mendapatkan amanah untuk melaksanakan penugasan di Kodim Kupang sebagai Kasdim,” tutupnya.

Sementara itu, dalam sambutan pertamanya, Letkol Arh Sutrisno, S.Sos, menjelaskan sedikit tentang latar belakangnya. Lulusan akmil tahun 2002 ini pun berharap ke depan dapat bersinergi, manunggal bersama rakyat dalam melaksanakan tugas sebagai Dandim 1626/Bangli. 

Lebih jauh, ia pun mengatakan bahwa sebelum serah-terima jabatan secara resmi, ia terlebih dahulu sudah diajak oleh Suwardana untuk  bertemu dan silaturahmi dengan pelaku usaha dan pejabat di wilayah Kabupaten Bangli.

“Kami mohon bimbingan dan arahan kepada seluruh Forkopimda Bangli dalam berdinas di wilayah Kabupaten Bangli, dan kami akan selalu berkoordinasi dan mendukung kemajuan Kabupaten Bangli ke depan. Dan, dikaitkan dengan pelaksanaan G20 yang akan dilaksanakan di wilayah Provinsi Bali, tentunya kami akan butuh bantuan kepada semua pihak di wilayah Kabupaten Bangli,” katanya.

Di sisi lain, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, S.E., mengucapkan selamat atas purna tugas Dandim 1626/Bangli yang lama dan yang baru. Pihaknya menyatakan syukurnya, sebab belakangan kasus Covid-19 di Kabupaten Bangli dapat teratasi dengan baik. Pihaknya pun optimistis ke depan kondisi akan semakin terkendali, terlebih dengan telah dirilisnya kebijakan tanpa karantina bagi WNA yang datang ke Bali.

“Kami mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Putu Suwardana. Beliau pada masa-masa awal Covid-19 dan ada banyak cerita-cerita juga, sampai hari ini semuanya sudah bisa kita lalui dengan baik tanpa ada gejolak ataupun kondisi sosial masyarakat yang tidak baik. Tentu ini berkat sinergisitas kolaborasi yang baik di antara Forkompinda seluruhnya dan juga tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Bangli,” katanya sembari berharap Suwardana dapat mempromosikan Kabupaten Bangli di luar daerah.

Sementara, kepada pejabat baru, Sedana Arta mengucapkan selamat datang di Kabupaten Bangli. “Kabupaten Bangli adalah Kabupaten yang sejuk, dengan hawanya yang sejuk, maka dari itu mudah-mudahan dapat memberikan sinergi dan perubahan yang cukup besar bagi kemajuan Kabupaten Bangli, dan kami menyambut bapak dengan tangan terbuka, dan semoga ke depan dapat terus berkolaborasi,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories