Tips Wisata Singkat ke Jogja, Bisa Ke Mana Saja?

Tips Wisata Singkat ke Jogja, Bisa Ke Mana Saja?

JAKARTA - Hari libur adalah momen yang ditunggu oleh mayoritas masyarakat. Bagaimana tidak, hari libur merupakan momen untuk melepas penat dan lelah setelah sepekan bekerja dan beraktivitas. 

Saat libur inilah kesempatan untuk berwisata merefresh kembali pikiran yang suntuk. Meski begitu, ada sebagian dari kita yang dalam sepekan mempunyai libur di hari sabtu-minggu dan ada yang hanya libur di hari Minggu saja.

Bagi masyarakat yang memiliki libur dua hari dalam sepekan, menikmati liburan ke Yogyakarta merupakan opsi yang mudah. Namun mereka yang hanya memiliki libur satu hari dalam sepekan saja akan berpikir ketika hendak liburan ke Yogyakarta. 

Hal itu karena pertimbangan waktu tentunya. Akan tetapi tidak perlu khawatir, TrenAsia akan memberikan tips liburan singkat ke Kota Yogyakarta.

Bagi masyarakat yang berada di bagian timur Yogyakarta seperti Madiun, Nganjuk, Jombang bisa menggunakan KA Bangunkarta dan masyarakat Surabaya atau sekitarnya menggunakan KA Sancaka. 

Adapun masyarakat yang berada di sebelah barat Yogyakarta seperti Kebumen atau Banyumas bisa menggunakan KA Progo, KA Bogowonto, maupun KA Logawa. Kereta tersebut tiba di Jogja sebelum masuk waktu siang hari.

Setibanya di Jogja, salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi tentunya Malioboro. Lokasinya tidak jauh dari Stasiun Tugu sebab hanya berjarak tidak lebih dari 500 meter. Masyarakat dapat berwisata dengan menikamati suasana di kawasan Malioboro terlebih dahulu, Terdapat berbagai tempat belanja, makan, maupun nongkrong yang asik di kawasan tersebut.

Bosan di Malioboro, wisatawan dapat mengunjungi Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, Titik 0 Kilometer Jogja, Museum Sonobudoyo, Keraton Kasultanan, Taman Sari, hingga Taman Pintar. Tempat wisata tersebut semuanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Jika lelah, wisatawan juga bisa menggunakan becak untuk mengunjungi tempat tersebut. 

Bila ingin berkunjung ke tempat lain yang lebih jauh, terdapat rekomendasi yaitu Kebun Binatang Gembira Loka. Wisata tersebut bisa dijangkau dengan menggunakan Bus Trans Jogja. Moda transportasi tersebut dapat dipilih sebab lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan ojek online maupun taksi online

Selepas dari Malioboro dan kawasan wisata di sekitarnya, wisatawan dapat bergeser dengan berkunjung ke Tugu Pal Putih yang berada di sisi utara. Keberadaan tugu merupakan 'tetenger' (penanda) Sumbu Filosofis Yogyakarta yang membentang arah utara-selatan, dengan Keraton Yogyakarta sebagai pusatnya.

Tidak jauh dari Tugu Pal Putih, tepatnya di sebelah barat terdapat Pasar Kranggan. Tempat ini bisa menjadi destinasi selanjutnya bagi wisatawan yang ingin berwisata kuliner dan mengisi perut yang lapar setelah berkeliling lokasi wisata. Terdapat berbagai menu makanan mulai dari yang lokal, Chinese food, hingga western tersedia disini. 

Menjelang sore hari, wisatawan bisa kembali bergegas ke Stasiun Yogyakarta untuk pulang kembali ke kota asal. Atau bagi yang ingin menikmati malam di Kota Jogja, dapat menggunakan kereta dengan jadwal keberangkatan yang sedikit lebih malam. 

Untuk wisatawan yang berasal dari timur, terdapat pilihan kereta seperti KA Sancaka, KA Wijayakusuma, dan KA Bangunkarta. Adapun yang berasal dari barat dapat menggunakan KA Senja Utama Jogja, Senja Utama Solo, Jayakarta, dan lain sebagainya sebab banyak kereta ke arah barat yang berangkat sore-malam dari Yogyakarta.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 10 Feb 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories