9 Cara Merayakan Tahun Baru Imlek Bersama Anak-Anak

Warga keturunan Tionghoa melaksanakan sembahyang hari pertama pada Tahun Baru Imlek 2574 di Vihara Boen Tek Bio Pasar Lama Kota Tangerang, Minggu 22 Januari 2023. (Foto : Panji Asmoro/TrenAsia)

JAKARTA - Tidak terasa tahun Baru Imlek hampir tiba. 2024 adalah Tahun Naga, yang melambangkan kehormatan dan kesuksesan dalam zodiak China. 

Momen Tahun Baru Imlem juga sering dijadikan sebagai waktu bagi keluarga untuk berkumpul, mengenakan pakaian baru, makan makanan enak, dan merayakan awal yang baru.

Apa itu Tahun Baru Imlek?

Tahun Baru Imlek, adalah perayaan yang dimulai pada Sabtu, 10 Februari. Perayaan istimewa ini menandai awal bulan baru dalam kalender lunisolar tradisional bagi banyak negara di Asia Timur, termasuk China, Korea Selatan, dan Vietnam.

Baik disebut Tahun Baru Imlek, Losar, Seollal, atau Tết, Tahun Baru Imlek dirayakan oleh hampir 2 miliar orang di seluruh dunia.

Di Cina, festival Tahun Baru Imlek berlangsung selama 15 hari, dimulai dengan pesta besar pada malam Tahun Baru (tahun ini hari Jumat, 9 Februari) dan diakhiri dengan Festival Lentera Musim Semi (Sabtu, 24 Februari).

Kapan Tahun Baru Imlek 2024?

Tahun ini, Tahun Baru Imlek dimulai pada Sabtu, 10 Februari dan berlangsung selama 15 hari, berakhir pada hari Sabtu, 24 Februari.

Cara Merayakan Tahun Baru Imlek 2024 Bersama Anak

Berikut adalah beberapa ide tentang bagaimana Anda dan anggota keluarga Anda, termasuk anak-anak, dapat merayakannya bersama.

1. Baca tentang tradisi Tahun Baru Imlek

Apakah keluarga Anda sudah mengenal sejarah dan tradisi di balik Tahun Baru Imlek, atau Anda ingin belajar lebih banyak tentang tradisi yang berusia 3.500 tahun ini, waktu bercerita selalu menjadi momen terbaik untuk merenungkan sebuah perayaan.

Ada begitu banyak buku anak-anak yang luar biasa tentang Tahun Baru Imlek yang berkaitan dengan setiap budaya, seperti alur cerita China, Korea, Thailand, Vietnam, dan India masing-masing menceritakan ritual tahunan favorit dari budaya ini.

2. Kenakanlah Beberapa Baju Merah yang Baru

Tradisi Tahun Baru Imlek lintas budaya adalah agar anak-anak mendapatkan potongan rambut dan pakaian baru, untuk memulai tahun yang baru.

Dalam budaya Asia, merah dianggap sebagai warna keberuntungan dan kegembiraan. Pakaian baru melambangkan awal yang baru, dan jika berwarna merah, awal itu pasti akan dipenuhi dengan keberuntungan.

Pakaian merah juga dikatakan dapat menakut-nakuti roh jahat dan mengundang keberuntungan di tahun yang akan datang, jadi kenakan pakaian merah tua dari ujung kepala sampai ujung kaki.

3. Hias Ruangan dengan Merah dan Emas

Warna keberuntungan dan kebahagiaan tidak boleh diturunkan ke pakaian saja. Hiasilah ruangan dengan warna merah juga—dan padukan dengan emas saat Anda melakukannya.

Sementara merah melambangkan keberuntungan dan kegembiraan, emas—tidak mengherankan—melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Menggabungkan dua warna ini adalah karpet selamat datang bagi keberuntungan dan kemakmuran di Tahun Baru.

Gabungan rangkaian merah dan balon emas ini menciptakan panggung berkilau yang pasti akan membawa awal yang menguntungkan untuk Tahun Baru.

4. Pelajari Bentuk Seni Kuno

Kegiatan yang menyenangkan dan ramah anak adalah seni Jianzhi China, seni memotong kertas dengan hiasan tinggi yang membutuhkan latihan disiplin selama puluhan tahun, tetapi—pada intinya—mirip dengan memotong kepingan salju kertas.

Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa kertas merah dan gunting untuk membuat dekorasi merah meriah Tahun Baru Imlek ini. Seperti kepingan salju, tidak ada dua potongan kertas yang persis sama, jadi anak-anak dapat membuat pernyataan khusus mereka dalam apa yang mereka buat.

5. Makan Malam

Makan malam yang penuh keberuntungan, diisi dengan hidangan yang memiliki makna simbolis, merupakan awal yang baik untuk tahun lunar. Unggas mewakili persatuan dan kesetiaan. Ikan utuh melambangkan kemakmuran dan kelimpahan.

Pangsit udang dan pangsit babi melambangkan kemakmuran, sedangkan mie panjang umur dimaksudkan untuk menghormati dan mendorong umur panjang dan bahagia.

6. Isi Beberapa Amplop Kecil Berwarna Merah

Selama makan malam, pastikan untuk memberikan amplop merah tradisional atau hóng bāo dalam bahasa Mandarin dan lai see dalam bahasa Kanton.

Amplop merah kecil berwarna merah dan emas ini khusus untuk anak-anak dan berisi uang sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran.

Anak-anak diharapkan menghabiskan uang tersebut dalam setahun, jadi jumlah ini sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam rekening tabungan mereka. Sebaliknya, biarkan mereka menghabiskannya untuk sesuatu yang membawa mereka kebahagiaan.

Hindari memberikan koin, dan usahakan memberikan uang dalam jumlah genap.

7. Buat Tarian Nagamu Sendiri

Jika Anda tidak dapat pergi dan melihat pertunjukan tarian naga tahunan di Chinatown di dekat Anda, bawa festival tersebut ke rumah. Naga melambangkan kekuatan, kekuasaan, kemuliaan, dan keberuntungan, serta dikatakan mengusir roh jahat. Keluarkan mainan drum dan simbal, dan buatlah boneka naga sendiri.

Atau, jika Anda lebih suka memiliki paket kerajinan DIY, kit naga yang menyenangkan ini memiliki segala yang Anda butuhkan untuk membuat kerajinan keluarga yang cepat namun menyenangkan.

8. Festival Lentera Mini

Perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini berakhir pada 24 Februari dengan Festival Lentera Musim Semi. Jika Anda tidak dapat menghadiri acara tersebut di Chinatown lokal Anda, Anda bisa merayakannya di rumah dengan kerajinan yang ramah anak-anak, atau dengan membeli lentera meriah tahun naga ini untuk merayakan awal musim semi.

9. Pelajari Zodiak China

Kita tahu tahun ini adalah Tahun Naga, tapi apa artinya sebenarnya? Dua belas tanda zodiak China mewakili tahun, bukan bulan seperti yang dilakukan dalam zodiak Barat. Meskipun kedua jenis zodiak membahas ciri kepribadian, zodiak China menekankan perbedaan generasi, sementara zodiak Barat fokus pada aspek psikologis.

Nah, itu dia beberapa hal yang dapat Anda lakukan bersama anak dan keluarga Anda di rumah untuk merayakan Tahun Baru Imlek yang tentunya sangat menyenangkan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 07 Feb 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories