5 Tips Cerdas Membuat Uang Anda Tahan Lama Saat Pensiun

5 Tips Cerdas Membuat Uang Anda Tahan Lama Saat Pensiun (Pexels.com/Ahsanjaya)

JAKARTA - Salah satu pertanyaan yang paling umum ditanyakan oleh orang-orang yang ingin pensiun adalah bagaimana mereka tidak kehabisan uang saat masa pensiun tiba. Jika Anda juga bertanya mengenai hal ini, maka Anda memang berhak memiliki alasan untuk khawatir.

Pasalnya, tidak dapat dipungkiri bahwa pelayanan kesehatan mahal, kebanyakan orang hidup lebih lama, dan inflasi terus mengikis daya beli.

Perencanaan pensiun yang tepat memang tidak dapat dan tidak akan menghilangkan risiko kehabisan uang saat pensiun. Akan tetapi, hal tersebut bisa memperkecil kemungkinan terjadinya kehabisan uang.

Lebih penting lagi, hal ini juga dapat memberikan Anda kebebasan finansial untuk mendapatkan lebih banyak kebahagiaan selama masa pensiun daripada menghabiskan 30 tahun ke depan dengan stres akan bangkrut atau tidak seiring bertambahnya usia.

Seperti yang dilansir dari Forbes, Anda bisa mencoba menerapkan beberapa cara berikut ini agar uang bisa tetap bertahan saat masa pensiun tiba.

Cara Mempertahankan Uang Saat Pensiun

1. Tetap Jaga Pengeluaran 

Kita bisa berdebat apa yang diperlukan untuk bertahan hidup dan apa yang bagus untuk masa pensiun. Menjaga pengeluaran penting yang harus dimiliki minimal akan membuat uang Anda bertahan lebih lama di masa pensiun. 

Meminimalisir pengeluaran tetap Anda akan memberi Anda fleksibilitas terbesar dalam hal pengeluaran, yang membantu uang Anda bertahan lebih lama. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menghabiskan lebih sedikit pada barang-barang yang bagus untuk dimiliki ketika atap rumah Anda akhirnya harus diganti. Jika Anda tinggal di sana cukup lama, setiap atap kemungkinan besar harus diganti.

2. Buat Rencana Pengeluaran untuk Masa Pensiun

Rencana pengeluaran adalah cara untuk memastikan Anda memiliki uang untuk hal-hal yang paling penting bagi Anda. Tabungan ini adalah tempat kita menyisihkan uang untuk hal-hal menarik seperti perjalanan yang diperpanjang, belanja mewah, atau pergi bersama teman-teman. 

Rencana pengeluaran yang kokoh akan membantu Anda menetapkan apa yang ingin Anda mampu di masa pensiun. Dari sana, seorang perencana keuangan akan dapat membantu Anda menentukan jenis simpanan yang diperlukan untuk mendukung masa pensiun impian Anda.

3. Jangan Abaikan Inflasi

Pernahkah Anda berbicara dengan seseorang yang mengatakan kepada Anda betapa murahnya sesuatu dulu? Kenaikan harga tersebut disebut inflasi. 

Jika Anda pensiun selama 30 tahun, inflasi akan secara signifikan mengurangi daya beli Anda dari waktu ke waktu. Inflasi akan menggerus daya beli Anda dan memberi tekanan pada pengeluaran Anda. Oleh karena itu, penting membuat rencana untuk menangani inflasi yang akan membantu Anda menghindari kehabisan uang di masa pensiun.

4. Pilih Gaya Hidup yang Lebih Sehat 

Menjaga kesehatan tidak murah. Namun, menjadi sakit lebih mahal. 

Oleh karena itu, mulai dari sekarang Anda harus memilih gaya hidup yang lebih sehat, karena dapat mengurangi biaya perawatan kesehatan yang harus Anda keluarkan selama pensiun. Kebiasaan positif ini bahkan dapat membantu Anda meningkatkan rentang hidup Anda seiring bertambahnya usia.

5. Bekerja Sedikit Lebih Lama Sebelum Pensiun

Beberapa hal baik terjadi ketika Anda bekerja lebih lama. Pertama, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menyimpan sedikit lebih banyak uang untuk pensiun. 

Kedua, aset pensiun Anda yang sudah ada memiliki lebih banyak waktu untuk tumbuh. Ketiga, semakin lama Anda pensiun, semakin sedikit tahun yang Anda butuhkan untuk mendanai standar hidup Anda dari akun pensiun Anda. 

Itu tadi beberapa cara mempertahankan uang Anda tetap tahan lama saat masa pensiun tiba.

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories