8 Cara Mengatasi Ketagihan Nonton Video di TikTok

8 Cara Mengatasi Ketagihan Nonton Video di TikTok (Freepik)

JAKARTA - Tak kalah dari Instagram, sekarang TikTok juga digemari oleh banyak orang. Bahkan, TikTok dikabarkan telah diunduh hampir tiga miliar kali di seluruh dunia, dan merupakan salah satu aplikasi paling populer sepanjang masa. Namun, diketahui TikTok juga telah menyebabkan beberapa orang menjadi kecanduan.

Penyebab Kecanduan TikTok

Meski semua platform media sosial kini merekomendasikan berbagai konten yang sesuai untuk pengguna, ternyata hal ini adalah cara kerja utama dari TikTok.

Seperti yang dilansir dari Choosing Therapy, algoritma TikTok dirancang untuk secara akurat memprediksi konten apa yang Anda sukai, menciptakan feedback yang konstan dari konten menarik yang tidak akan pernah habis.

Seperti halnya kecanduan judi, akan ada penurunan dopamin yang berkelanjutan saat menggunakan TikTok. Otak semakin menginginkan dopamin yang berkelanjutan ini, yang menyebabkan orang terus kembali ke TikTok.

Tanda-tanda Kecanduan TikTok

Anak-anak atau orang dewasa yang masih muda biasanya lebih rentan kecanduan TikTok. Anda bisa melihat orang yang kecanduan TikTok dari ciri-ciri berikut ini.

  1. Merasa gelisah saat tidak menggunakan TikTok.
  2. Merasa mudah terganggu saat tidak menggunakan TikTok.
  3. Mengalami FOMO (takut ketinggalan) saat tidak menggunakan TikTok.
  4. Mengabaikan hubungan atau tanggung jawab penting karena TikTok.
  5. Ingin mengurangi penggunaan TikTok tetapi merasa tidak mampu melakukannya.
  6. Mengalami masalah tidur (yaitu selalu tidur larut malam) karena penggunaan TikTok.

Cara Mengatasi Kecanduan Akibat Penggunaan TikTok

Anda bisa mengatasi kecanduan TikTok dengan membatasi waktu yang Anda habiskan untuk menggunakannya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Setel Pengatur Waktu atau Timer
    Atur pengatur waktu berapa lama Anda ingin menggunakan TikTok dalam satu waktu.
  2. Buat Tempat dan Waktu Bebas dari TikTok
    Miliki lokasi atau waktu di mana Anda tidak berinteraksi dengan TikTok sama sekali. Cara ini akan menetapkan batasan yang jelas agar Anda terpaksa tidak menggunakan TikTok sama sekali.
  3. Fokus pada Hobi Alternatif
    Habiskan lebih banyak waktu untuk melakukan hobi yang dirasa berarti bagi Anda, seperti membaca buku, melukis, memasak, dan sebagainya.
  4. Letakkan Ponsel di Ruangan Lain
    Biasakan meletakkan ponsel Anda di lokasi lain jika Anda terbiasa scrolling TikTok tanpa berpikir panjang.
  5. Beritahu Orang Terdekat Anda
    Temukan teman atau anggota keluarga yang memahami tujuan Anda untuk mengatasi kecanduang TikTok dan akan mendukung Anda dalam menghabiskan lebih sedikit waktu di TikTok.
  6. Latih Kebiasaan Mindfulness
    Akui bahwa Anda akan merasakan kecemasan saat Anda mengurangi penggunaan TikTok dan berlatihlah untuk membiarkan ketidaknyamanan itu berlalu.
  7. Ketahui Pemicunya 
    Pikirkan kapan Anda paling mungkin membuang-buang waktu di TikTok dan pertimbangkan apa yang dapat Anda lakukan selama waktu tersebut.
  8. Lakukan Detoks Secara Penuh
    Anda bisa mencoba berkomitmen untuk menghabiskan setidaknya satu minggu libur dari TikTok. Anda mungkin merasa tidak nyaman, tetapi Anda juga akan mengetahui lebih banyak tentang bagaimana Anda ingin melanjutkan kebiasaan TikTok Anda.

Itu tadi beberapa cara mengatasi kecanduan TikTok. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories